ACT memberi modal bagi 10 ribu orang umi dan ibu masing-masing menerima Rp500 ribu
Jakarta (ANTARA) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program pembiayaan usaha bagi ibu rumah tangga Sahabat Usaha Mikro Indonesia (UMI) untuk memulihkan perekonomian keluarga di tengah pandemi COVID-19.

Dalam peluncuran UMI di Jakarta, Selasa, Presiden ACT, Ahyudin mengatakan program itu dilakukan dengan pemberian modal usaha, khususnya pada pelaku usaha mikro yang kehabisan modal di masa pandemi.

"ACT memberi modal bagi 10 ribu umi dan ibu masing-masing menerima Rp500 ribu. Setiap 50 umi akan didampingi satu relawan pendamping," kata dia.

Ahyudin mengatakan program Sahabat UMI akan menyasar ibu-ibu yang menjadi penggerak perekonomian keluarga.

Sektor mikro terutama di kalangan ibu, kata dia, tidak tersentuh pembiayaan bank sehingga ACT hadir untuk ikut memberdayakan mereka.

Baca juga: ACT Jatim bantu usaha ultra mikro terdampak COVID-19

Baca juga: ACT bantu modal usaha pedagang kecil terdampak COVID-19 lewat SUMI

Program tersebut, lanjut dia, akan dibarengi dengan berbagai layanan yang meringankan kehidupan keluarga yang berkualitas seperti ada beasiswa anak, layanab kesehatan dan pangan.

Dia menargetkan program tersebut dapat berkelanjutan dan tumbuh positif. Usaha mikro penerima bantuan agar tumbuh menjadi usaha kecil dalam setahun. Di tahun berikutnya terus berkembang menjadi usaha menengah yang mandiri dan terus bertumbuh lagi.

"Ini adalah sedekah modal usaha. Tidak ada modal yang lebih mulia kecuali sedekah. Modal dari Allah adalaj sedekah, yang bukan dari Allah itu riba," katanya.

Baca juga: ACT Sumsel bantu usaha kecil yang nyaris bangkrut saat pandemi

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020