Hujan deras di Kota Bogor picu 12 bencana dalam sehari

Hujan deras di Kota Bogor picu 12 bencana dalam sehari

Pohon tumbang di Kelurahan Mulyaharja Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor Jawa Barat, Jumat (29/5/2020). (ANTARA/HO-BPBD Kota Bogor)

Bogor (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Jawa Barat mencatat ada 12 bencana dalam sehari yang diakibatkan hujan deras pada Jumat petang.

"Hingga pukul 20.30 WIB tercatat ada 12 kejadian atau bencana," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Priyatna Syamsah saat dihubungi di Bogor, Jumat.

Baca juga: Puting beliung tumbangkan sejumlah pohon di Citeureup Bogor

Sebanyak 12 bencana itu terbagi menjadi tiga kategori, yaitu lima kejadian pohon tumbang, lima kejadian angin kencang, dan dua kejadian rumah ambruk.

Priyatna menyebutkan dua dari lima pohon yang tumbang itu terjadi di Kelurahan Ranggamekar, kemudian masing-masing satu pohon di Kelurahan Baranangsiang, Pamoyanan dan Mulyaharja.

Baca juga: Kota Bogor antisipasi bencana di musim hujan

Kemudian, peristiwa angin kencang terjadi di Kelurahan Lawang Gintung, Ranggamekar, Pamoyanan, Sukasari, dan Kelurahan Tajur. Selanjutnya, peristiwa bangunan ambruk terjadi di dua titik Kelurahan Lawang Gintung.

"Pendataan masih berlanjut seiring dengan penanganan di lokasi kejadian atau bencana oleh personel BPBD," kata Priyatna.

Ia mengatakan meski kondisi hujan masih terjadi, tapi pihaknya tetap melakukan pendataan dan evakuasi ke beberapa lokasi bencana dengan bantuan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang berkaitan dengan penanggulangan bencana.

Baca juga: Sejumlah 112 pohon besar rawan tumbang
 
Pewarta : M Fikri Setiawan
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020