Pelindo III siapkan 50 ribu rapid test COVID-19 di Jatim

Pelindo III siapkan 50 ribu rapid test COVID-19 di Jatim

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung di Surabaya (ANTARA /Abdul Malik Ibrahim)

Surabaya (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III siap menggelar tes cepat dengan menyiapkan 50 ribu rapid test COVID-19 di Jawa Timur yang merupakan wilayah zona merah, untuk mendukung pemerintah dalam menangani pandemi, sesuai program Kementerian BUMN yang bertujuan memutus rantai COVID-19.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung di Surabaya, Kamis, mengatakan pelaksanaan tes dilakukan secara berkala dan diharapkan bisa membantu pemerintah dalam mendeteksi peta penyebaran COVID-19 di Jawa Timur.

Baca juga: Sepuluh pasien sembuh COVID-19 di RS PHC Surabaya disambut suka cita

Baca juga: Tenaga medis RS PHC sambut pasien COVID-19 sembuh dengan berbaris

"Untuk tahap awal dilaksanakan pengetesan terhadap 5.000 orang yang diperuntukkan bagi masyarakat maritim di Jawa Timur, yaitu pelaku logistik antarpulau, nelayan, masyarakat pesisir, warga di wilayah pelabuhan perikanan dan penyeberangan, warga di pondok pesantren, serta masyarakat lainnya dengan dikoordinasikan bersama Pemerintah Provinsi Jatim dan BPBD," kata Doso, dalam siaran pers yang diterima di Surabaya.

Rencananya, tahap pertama akan melakukan rapid test di Pelabuhan Jangkar Situbondo, Jawa Timur, selanjutnya Pelabuhan penyeberangan Ketapang di Banyuwangi. "Kami juga akan melakukan jemput bola dengan mendatangi titik-titik aktivitas sehari-hari dengan melakukan tes di zona-zona yang masih dianggap merah," katanya.

Ia mengatakan Pelindo III akan bekerja sama dengan Gugus Tugas Pemerintah Daerah setempat yang akan datang langsung ke wilayah yang dianggap rawan penyebaran COVID-19.

Baca juga: Karyawan Pelindo III kembali bekerja penuh usai Lebaran

"Kami ingin memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh masyarakat untuk mendapat fasilitas deteksi dini COVID-19 tersebut. Deteksi dini sangat bermanfaat dalam pemetaan penyebaran COVID-19 di Indonesia," kata Doso.

Doso mengakui Jawa Timur telah menjadi perhatian pemerintah dalam pandemi COVID-19, karena jumlah penderitanya masih belum menunjukkan tren menurun beberapa waktu terakhir.

"Nanti untuk pelaksanaannya, Pelindo III akan menunjuk anak perusahaan, yaitu RS PHC Surabaya sebagai pelaksana rapid test," katanya.

Kepala Otoritas Pelabuhan Kelas Utama Pelabuhan Tanjung Perak M Dahri menyambut baik bantuan rapid test COVID-19 yang dilakukan secara bertahap Pelindo III untuk masyarakat maritim di Jawa Timur.

Baca juga: Menteri BUMN tinjau laboratorium Biomolekuler PCR RS PHC Surabaya

"Kami berterima kasih pada Pelindo III yang menyediakan rapid test gratis, ini sangat membantu, sekaligus sebagai bentuk sosialisasi pelayanan baru di pelabuhan penumpang," ujar M Dahri.
Pewarta : A Malik Ibrahim
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020