Manokwari (ANTARA) - Jumlah warga positif COVID-19 di Provinsi Papua Barat bertambah 20 menjadi 152 orang.

"Hari ini Papua Barat kembali terjadi penambahan 20 kasus baru. Tambahan ini berasal dari Kota Sorong 18 dan dua dari Teluk Bintuni," kata juru bicara Pemprov Papua Barat pada gugus tugas percepatan penanganan COVID-19, Arnoldus Tiniap pada jumpa pers secara virtual, Kamis.

"Ada juga penambahan satu kasus dari Kaimana tapi belum direkap sehingga belum bisa kami laporkan," ujarnya menambahkan.

Ia mengutarakan, 20 kasus baru ini merupakan hasil ​​​​ pelacakan dari pasien yang tergabung dari kluster sebelumnya. Transmisi lokal sudah terjadi di Papua Barat sehingga masyarakat diminta lebih waspada dengan menerapkan protokol kesehatan.

Arnoldus mengungkapkan, pemerintah pusat akan segera menerapkan tatanan kehidupan normal baru (new normal) dalam kondisi pandemi COVID-19. Dalam situasi tersebut masyarakat dituntut untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Baca juga: Kota Sorong umumkan satu pasien baru positif COVID-19

Baca juga: Pasien COVID-19 sembuh di Papua Barat kini 35 orang


"Seluruh aktivitas akan dibuka seperti biasa, maka protokol kesehatan wajib diterapkan. Presiden menginginkan kita tetap produktif, namun terhindar dari penularan COVID-19," ujarnya lagi.

Berdasarkan laporan dari kabupaten/kota, penularan masih terjadi di Papua Barat dengan curva yang cenderung mengalami peningkatan dari hari ke hari. Kepatuhan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan menjadi faktor cukup besar terhadap perkembangan dan penurunan kasus COVID-19 di provinsi ini.

"Wacana normal baru membawa tantangan besar bagi Papua Barat. Ada yang setuju dan ada yang tidak setuju, namun kalau itu sudah menjadi keputusan pusat semua daerah harus siap," kata Tiniap.

Hingga Kamis 28 Mei 2020, di Papua Barat virus corona jenis baru ini sudah ditemukan di Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Raja Ampat,Teluk Bintuni, Manokwari, Teluk Wondama, Fakfak dan Manokwari Selatan.

Di Kota Sorong terdapat 50 kasus positif, Kabupaten Sorong 32, Raja Ampat 16,Teluk Bintuni 40, Manokwari delapan, Teluk Wondama tiga, Fakfak satu dan Manokwari Selatan satu kasus.*

Baca juga: 12 sembuh, pasien COVID-19 Raja Ampat tersisa empat

Baca juga: Pasien COVID-19 di Teluk Bintuni sembuh bertambah tiga orang

Pewarta: Toyiban
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020