Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Arab Mesir Helmy Fauzy mengatakan tidak ada Shalat Idul Fitri 1441 H di Kedutaan Besar Republik Indonesia Kairo sebagaimana biasa terjadi setiap tahun.

"Biasanya di halaman KBRI diadakan Shalat Idul Fitri dilanjutkan silaturahmi. Tahun ini tidak ada untuk mencegah penularan COVID-19 dan mematuhi kebijakan pemerintah Indonesia dan Mesir," kata Helmy dalam jumpa pers secara daring yang disiarkan akun Youtube BNPB Indonesia dipantau dari Jakarta, Selasa.

Helmy mengatakan KBRI Kairo biasanya ramai dan dipadati warga negara Indonesia di Mesir, terutama mahasiswa, untuk bersilaturahmi saat Idul Fitri.

Meskipun Idul Fitri kali ini KBRI Kairo sepi dari kegiatan Shalat Id dan silaturahmi, Helmy mengatakan hal itu tidak mengurangi kekhidmatan pegawai dan warga negara Indonesia di Mesir dalam merayakan Lebaran.

Baca juga: Lawan COVID-19, Mesir perketat pembatasan saat liburan Idul Fitri

Baca juga: Cerita mahasiswa Minang di Mesir tidak bisa pulang karena lockdown


"Kami mendoakan seluruh warga negara Indonesia di Tanah Air maupun di mana pun berada senantiasa dianugerahi kesehatan, keselamatan, dan kekuatan dalam menghadapi pandemi COVID-19," tuturnya.

Helmy mengatakan suasana Idul Fitri yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya itu juga terjadi di seluruh wilayah Mesir,

"Mesir, sebagaimana Indonesia dan negara-negara lain, tidak luput dari pandemi COVID-19," katanya.

Pada Senin (25/5), terdapat 17.967 kasus COVID-19 dengan kesembuhan 4.900 orang dan meninggal 783 orang.

"Belakangan, kasus COVID-19 di Mesir meningkat tajam. Tidak ada warga negara Indonesia di Mesir yang terinfeksi COVID-19," katanya.*

Baca juga: Ekspor kopi ke Mesir naik di tengah pandemi COVID-19

Baca juga: KBRI Cairo repatriasi 75 WNI tertahan di Mesir

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020