Pangkalpinang (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melaksanakan swab test massal kepada warga yang pernah kontak dengan pasien berinisial A, seorang Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota setempat yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Rencananya hari ini kami akan melakukan swab test atau tes usap dengan objek cairan tenggorokan kepada 75 orang berdasarkan penelusuran warga yang pernah kontak dengan pasien A," kata Wakil Ketua Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Pangkalpinang, Masagus Hakim di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan sebelumnya tim gugus tugas juga sudah melakukan tes usap kepada 54 orang yang juga pernah kontak dengan pasien A yang 20 orang di antaranya merupakan bawahan pasien A.

Baca juga: Patuhi protokol, warga Pangkalpinang shalat id berjamaah di masjid

Baca juga: Satu Kepala OPD Pemkot Pangkalpinang terkonfirmasi positif COVID-19


"Untuk yang sudah diambil sampel pemeriksaan, saya imbau agar melakukan isolasi mandiri hingga hasil pemeriksaan tersebut keluar," katanya.

Dia mengatakan, pemeriksaan tersebut dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada diri mereka, keluarga dan masyarakat agar bisa dideteksi lebih awal penyebaran virus corona di Kota Pangkalpinang.

"Dengan pemeriksaan lebih mendalam, kami yakin akan memberikan hasil yang lebih pasti dibandingkan rapid test atau tes cepat. Objek penelitian yang kami ambil tadi akan diuji di laboratorium di Palembang," katanya.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Pangkalpinang yang merasa terkena atau merasa ragu dengan kondisi tubuhnya dan was-was atau melakukan kontak dengan yang positif COVID-19, diharapkan datang ke posko gugus tugas untuk melakukan tes usap.*

Baca juga: Tiga warga di Pangkalpinang terkonfirmasi positif COVID-19

Baca juga: Pemkot Pangkalpinang catat tiga orang positif COVID-19

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020