Simpang Empat,- (ANTARA) - Jamaah Surau Buya Lubuak Landua Nagari Aua Kuniang, Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) melaksanakan shalat Idul Fitri 1441 Hijriah Sabtu (23/5) pagi.

Pantauan di lokasi,  pelaksanaan shalat Idul Fitri berjalan aman dan lancar. Ratusan jamaah memadati Surau Buya Lubuak Landua.

Salah seorang warga setempat, Nurmas mengatakan pelaksanaan Shalat Idul Fitri dilaksanakan setelah jamaah menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama 30 hari sejak 23 April 2020 lalu.

Baca juga: Imam Besar Masjid Istiqlal ingatkan Shalat Id ibadah sunnah

"Satu hari lebih awal dari jadwal shalat Idul Fitri dari pemerintah. Sebab pelaksanaan awal Ramadhan juga lebih awal," katanya.

Menurutnya sebagian besar jamaah yang ikut melaksanakan Shalat Idul Fitri adalah masyarakat sekitar Lubuak Landua dan jamaah Buya Lubuak Landua di beberapa nagari atau desa sekitar Kecamatan Pasaman , Kabupaten Pasaman Barat.

"Tahun sebelumnya banyak jamaah lain dari luar Nagari Aua Kuniang, namun tahun ini hanya masyarakat lokal," ujarnya.

Ia menyebutkan berkurangnya jumlah jamaah Shalat Idul Fitri kali ini seiring dengan adanya wabah COVID- 19, sehingga masyarakat luar banyak yang tidak datang.

"Semua jamaah merupakan warga sekitar Surau Lubuak Landua dan kami semua bersaudara," katanya.

Setiap tahun pelaksanaan shalat Idul Fitri di Lubuak Landua lebih awal dari pemerintah. Hal itu sangat dihormati masyarakat Pasaman Barat karena ibadah puasanya juga selalu lebih  dulu dari jadwal pemerintah. ***3***

Baca juga: Wapres: Shalat Id berjamaah di masa pandemi tidak sesuai ajaran agama
Baca juga: Pelaksanaan Shalat Id di Nagan Raya ikuti protokol kesehatan

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020