Ternate (ANTARA) - TNI-Polri Provinsi Maluku Utara (Malut) memberikan bantuan kepada masyarakat miskin terdampak COVID-19 di Kota Ternate khususnya disalurkan melalui Babinsa dan Babinkamtibmas dalam upaya memberikan suasana kondusif bagi masyarakat.

Kapolda Malut Irjen Pol Rikwanto di Ternate, Sabtu, mengatakan penyaluran bantuan ini diharapkan memberi manfaat dan dapat menciptakan situasi tetap aman dan kondusif serta menjaga masyarakat agar tidak melakukan hal-hal yang mengganggu Kamtibmas.

Sebelumnya, bantuan ditujukan kepada nelayan, masyarakat pesisir. Kini Polda Maluku Utara bersama Korem 152/Babullah kembali salurkan bantuan dengan sasaran masyarakat miskin dan empat panti asuhan yang ada di Kota Ternate.

Baca juga: Kasad berikan THR dan bantuan sembako bagi personel di Mabes AD
Baca juga: Pertamina-Sinergi BUMN salurkan 3.894 paket bantuan
Baca juga: ACT digandeng AirNav Sumsel salurkan paket sembako ke warga terdampak


Hal tersebut dimulai dengan Apel Bhakti Sosial TNI-Polri melalui peduli COVID-19 yang dilaksanakan di Lapangan Perikanan Bastiong yang dipimpin langsung oleh Kapolda Maluku Utara Irjen Pol Rikwanto Danrem 152/Babullah Brigjen TNI Inf Dr Chairussani Abbas Sopamena, yang dihadiri oleh Wakapolda Malut, Pejabat Utama Polda Maluku Utara, Pejabat Korem 152/Babullah.

"Bantuan akan disalurkan oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas kita, karena mereka merupakan garda terdepan TNI-Polri yang bersentuhan langsung dengan masyarakat," ujarnya.

Bantuan yang disalurkan berupa beras 5 kg sebanyak 400 paket yang akan disalurkan ke seluruh Kelurahan di Kota Ternate.

Sebelumnya, dapur lapangan TNI-Polri mendistribusikan makanan sebanyak 36.000 bungkus kepada masyarakat terdampak wabah COVID-19 di Provinsi Malut, khususnya warga Kota Ternate.

Menurut dia, sementara dapur lapangan TNI-Polri libur dikarenakan lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah ini,  direncanakan akan beroperasi kembali di hari Selasa (26/5) mendatang sampai dengan waktu yang belum ditentukan.

Ia berharap dapur lapangan tersebut selama kurang lebih 36 hari beroperasi dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, serta dalam kurun waktu tersebut masyarakat dapat merasakan keberadaan Pemerintah dan Negara melalui TNI-Polri di tengah pandemi virus COVID-19.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020