Dalam waktu 12 jam sampai 15 jam ke depan, Midland akan terendam air kira-kira sedalam sembilan kaki (sekitar 2,7 meter)
Michigan (ANTARA) - Gubernur Negara Bagian Michigan di Amerika Serikat, Gretchen Whitmer, Selasa (19/5), menetapkan status darurat untuk daerah Midland setelah dua bendungan jebol sehingga mengakibatkan banjir.

Otoritas di daerah itu mengatakan Bendungan Edenville dan Bendungan Sanford jebol akibat hujan deras dalam dua hari terakhir. Warga sekitar bendungan juga telah diminta untuk segera pindah guna menghindari banjir.

"Dalam waktu 12 jam sampai 15 jam ke depan, Midland akan terendam air kira-kira sedalam sembilan kaki (sekitar 2,7 meter)," kata gubernur Michigan saat jumpa pers.

Pimpinan Dewan Komisioner Midland County, Mark Bone, sebagaimana dikutip CNN, menyampaikan, sekitar 3.500 rumah dan 10.000 warga terdampak insiden tersebut.

Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa dan warga luka-luka, kata Bone.

Otoritas setempat meminta warga untuk mengungsi ke daerah yang lebih tinggi dan menjauhi Sungai Tittabawassee.

Air di Sungai Tittabawassee di Midland County dan Sungai Rifle dekat daerah Sterling saat ini meluap akibat jebolnya dua bendungan itu, demikian pernyataan Badan Cuaca Nasional AS (NWS).

NWS menerangkan pihaknya telah mengumumkan darurat banjir bandang di daerah dekat jebolnya bendungan.

Sumber: Reuters

Baca juga: Warga satu kota di Inggris diungsikan karena bendungan retak
Baca juga: 34 tewas, 100 orang hilang akibat bendungan jebol di Laos

Penerjemah: Genta Tenri Mawangi
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020