Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi peran sejumlah pengusaha muda dan beberapa pihak karena kepeduliannya kepada pemerintah dan masyarakat ibu kota saat pandemi COVID-19 ini.

"Hari ini kami kedatangan tim Ayoopeduli.com, teman-teman pengusaha dari HIPMI Jaya, OIC Youth Indonesia dan Gencar-19 untuk melakukan audiensi dan penyerahan bantuan berupa sembako dan alat kesehatan," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu.

Dia mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat atas niat baik dan inisiatif untuk membantu pemerintah dalam rangka penanggulangan wabah COVID-19 ini.

Menurut Anies, pandemi ini akan lebih cepat diatasi jika seluruh masyarakat Indonesia bekerja sama untuk memulihkan Indonesia, termasuk Jakarta.

Menurut data yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, kasus positif virus corona di DKI Jakarta mengalami penurunan sebanyak 11 persen selama satu bulan sejak pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada 5 April sampai 5 Mei 2020.

Baca juga: Pelanggar PSBB di Cempaja Putih harus menyanyikan lagu nasional
Baca juga: Sanksi pelanggar PSBB di Jakbar, menyapu hingga membersihkan WC


Basuki Surodjo selaku inisiator gerakan #BerbuatBaikEsokHari menyampaikan bahwa pihaknya akan terus berupaya membantu pemerintah dalam rangka penanggulangan wabah COVID-19 di Indonesia, terutama di DKI Jakarta.

Adapun bantuan yang diserahkan kepada Pemprov DKI di antaranya 2.000 alat pelindung diri (APD), 5.500 masker kain dan bedah, 10 liter cairan pembersih tangan (hand sanitizer), 20 sepatu boots, 5 thermogun, 3 jeriken cairan disinfektan dan sembako berupa 1.000 kilogram beras.

"Ayoopeduli.com bersama teman-teman pengusaha dari HIPMI Jaya dalam gerakan HIPMI Peduli, OIC Youth Indonesia dan Gencar-19 mendapatkan sambutan hangat dari Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Pak Anies berpesan bahwa Pemprov DKI selalu terbuka dan akan menyambut baik siapa pun yang ingin mendukung serta bersinergi bersama untuk memerangi Covid-19," kata Basuki.

Walaupun kurva penyebaran wabah COVID-19 di DKI Jakarta berangsur melandai, CEO Airmas Group tersebut mengatakan, tugas kemanusiaan untuk terus membantu sesama belumlah tuntas.

Dia mengatakan, melandainya kurva penyebaran wabah COVID-19 jangan sampai ikut mengurangi perbuatan baik kepada sesama. Banyak sekali masyarakat Indonesia yang membutuhkan bantuan, mulai dari rakyat kecil, para pelaku UMKM atau sektor informal lainnya yang usahanya lesu imbas berlakunya PSBB, sampai pekerja yang terkena PHK.

"Seperti yang disampaikan oleh Bapak Anies Baswedan, mari kita saling bekerja sama demi pulihnya Indonesia," kata Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jakarta Barat itu.

Pewarta: Edy Sujatmiko
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020