La Liga juga akan mengakomodasi tes bagi orang-orang yang tinggal bersama mereka yang positif tersebut
Jakarta (ANTARA) - Operator Liga Spanyol melaporkan temuan lima kasus positif COVID-19 hasil tes di antara para pemain klub-klub dua divisi teratas yang dilakukan selama sepekan terakhir sebagai bagian prasyarat menjelang dimulainya latihan individual di fasilitas tim.

Identitas kelima pemain tersebut dirahasiakan sesuai dengan undang-undang proteksi privasi namun pihak Liga Spanyol menyebut mereka tidak menunjukkan gejala apapun, demikian dikonfirmasi laman resmi La Liga, Minggu.

Kelima permain tersebut selanjutnya akan menjalani karantina di rumah masing-masing sedangkan rekan-rekannya menjalani latihan fisik individual sesuai instruksi klubnya.

Baca juga: RFEF usulkan lima pergantian pemain bila La Liga kembali dilanjutkan

Mereka dijadwalkan untuk melakukan tes lagi dalam beberapa hari ke depan dan jika dua pemeriksaan mendapati hasil negatif maka mereka diperbolehkan mengikuti latihan di fasilitas klub.

"La Liga juga akan mengakomodasi tes bagi orang-orang yang tinggal bersama mereka yang positif tersebut," demikian pernyataan resmi La Liga.

La Liga menegaskan mereka akan tetap menerapkan protokol latihan di fasilitas klub sesuai yang sudah disetujui Dewan Tinggi Olahraga Spanyol (CSD) serta Kementerian Kesehatan, demi menjamin keselamatan dan kesehatan para pemain, staf pelatih serta karyawan klub.

Baca juga: Pelatih Leganes sebut La Liga dilanjutkan 20 Juni

Kiper Real Sociedad Alex Remiro sebelumnya pada Sabtu (9/5) sudah lebih dulu mengkonfirmasi dirinya sebagai salah satu pemain yang positif terjangkit COVID-19 sebagai hasil tes tersebut.

"Terima kasih banyak atas pesan dukungan yang mengalir, hasil tes PCR saya negatif dan yang saya punya sekarang adalah sisa-sisa antibodi yang mungkin akan habis dalam waktu dekat, tetapi antibodi lain akan tumbuh dan menyatakan saya sembuh," cuitnya lewat akun twitter pribadinya, @alex13remiro.

"Saya akan segera kembali berlatih, tapi sekarang saya hanya perlu berlatih keras dengan sepeda statis di dalam ruangan," ujarnya menambahkan.
Sejumlah klub termasuk juara bertahan dan pemimpin klasemen sementara Barcelona sudah mulai mengoperasikan fasilitas mereka lagi untuk latihan individual pemain.

La Liga berharap kompetisi musim 2019/20 bisa dilanjutkan dan digelar tanpa penonton mulai Juni.

Baca juga: Pemain-pemain Barcelona mulai berlatih lagi Jumat ini
Baca juga: Getafe tawarkan tiket terusan gratis musim depan
Baca juga: Pesepak bola Spanyol ini pilih kesehatan ketimbang uang

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020