Cegah COVID-19, Polisi Bangka Barat perketat pengawasan di perbatasan

Cegah COVID-19, Polisi Bangka Barat perketat pengawasan di perbatasan

Polisi Bangka Barat awasi kendaraan keluar-masuk di posko Operasi Ketupat Menumbing 2020. ANTARA/Donatus D.P/pri.

Mentok, Babel (ANTARA) - Polisi Resor bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperketat pengawasan kendaraan yang keluar masuk daerah itu guna mencegah penyebaran virus corona jenis baru (COVID-19).

"Pengetatan pengawasan kami lakukan secara teliti terhadap pengemudi, penumpang dan barang bawaan yang keluar masuk daerah untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan masyarakat," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan di Mentok, Sabtu.

Menurut dia, Kabupaten Bangka Barat merupakan daerah yang berada di ujung barat Pulau Bangka dan menjadi pintu utama yang menghubungkan antara Babel dengan Sumatera sehingga aktivitas transportasi yang keluar masuk daerah itu cukup tinggi.

Baca juga: Pengawasan PSBB di kawasan wisata Jakarta Utara dinilai longgar
Baca juga: Presiden Jokowi: Pemerintah siap diawasi masyarakat saat tangani COVID
Baca juga: Polda Sumsel bentuk pengawasan khusus napi asimilasi COVID-19


"Potensi keluar masuk barang dan orang cukup tinggi karena daerah ini berhubungan langsung dengan Sumatera, kami berharap pengetatan pengawasan yang dilakukan bisa meminimalkan potensi penularan virus," katanya.

Menurut dia, petugas sudah disiapkan untuk mengawasi keluar-masuk kendaraan melalui posko terpadu di kota jalan raya Mentok-Pangkalpinang. Selain itu, juga di posko terpadu di Pelabuhan Tanjungkalian Mentok. 

Ia menegaskan, larangan mudik lebaran terhadap warga tetap berlaku, untuk itu pihaknya terus memberikan imbauan kepada warga untuk tidak mudik, dan menyampaikan kewajiban menggunakan masker bagi seluruh warga yang beraktivitas.

"Melalui pengawasan dan sosialisasi yang dilakukan kami harapkan masyarakat mendapatkan kejelasan informasi sekaligus menjamin rasa aman dan nyaman guna upaya bersama mencegah penyebaran virus corona," katanya.

Ia berharap upaya yang dilakukan bisa diterima masyarakat sehingga situasi kamtibmas tetap kondusif baik sebelum maupun sesudah lebaran.
Pewarta : Donatus Dasapurna Putranta
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2020