Jakarta (ANTARA) - Kopi hitam tidak hanya bertindak untuk membuat terjaga sepanjang malam, namun minuman pahit ini juga memiliki manfaat lain.

Menurut sebuah penelitian, di antara banyak manfaatnya, minum kopi atau teh tanpa gula dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2. Tak hanya itu, secangkir kopi hitam juga mampu dapat meningkatkan daya ingat hingga menjaga kesehatan hati atau liver, berikut ini adalah pembahasannya menurut Indian Express, Kamis.

1. Meningkatkan daya ingat
Secangkir kopi hitam di pagi hari dapat meningkatkan perhatian Anda dan menjaga pikiran pada kecepatan optimalnya. Selama bertahun-tahun, minum kopi telah dikaitkan dengan penurunan risiko terkena penyakit Parkinson. Faktanya, penelitian tahun 1968 menyatakan bahwa peminum kopi lebih sedikit yang terkena Parkinson.

2. Hasil olahraga lebih baik
Kopi hitam dapat meningkatkan kinerja Anda di gym. Hal ini berguna dalam membantu memecah lemak dan melepaskannya dalam aliran darah sebagai asam lemak, yang dapat digunakan sebagai bahan bakar bagi tubuh.

3. Menurunkan berat badan
Kopi hitam dapat meningkatkan metabolisme Anda hingga 50 persen dan membantu membakar lemak. Ini juga mengurangi kadar air dalam tubuh.

4. Kaya antioksidan
Kopi memiliki antioksidan seperti potasium, magnesium, Vitamin B2, B3 dan B5.

5. Menjaga kesehatan hati
Meminum kopi hitam secara teratur telah dikaitkan dengan pencegahan kanker hati, penyakit hati berlemak, hepatitis serta sirosis alkoholik.
   

Baca juga: Tips konsumsi kopi untuk pelaku diet "keto"

Baca juga: Kopi versus teh, benarkah punya manfaat gizi sama?

Baca juga: Kopi hijau punya lebih banyak manfaat kesehatan

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020