Kalau takjilnya es-esan sebaiknya jangan, lebih baik bikin sendiri karena bisa dipastikan semua bahannya bersih
Jakarta (ANTARA) - Hidangan takjil semisal es buah atau jenis es lainnya sebenarnya boleh saja Anda konsumsi sebagai hidangan berbuka puasa, asalkan Anda membuatnya sendiri, menurut dokter spesialis gizi dari Rumah Sakit Pondok Indah-Puri Indah, Raissa E Djuanda.

"Kalau takjilnya es-esan sebaiknya jangan, lebih baik bikin sendiri karena bisa dipastikan semua bahannya bersih," kata dia dalam diskusi via daring belum lama ini.

Raissa menyarankan Anda berbuka puasa dengan hidangan manis salah satunya kurma karena bisa mengembalikan energi yang hilang selama berpusa secara cepat.

Baca juga: Inspirasi menu buka puasa, es stik mangga ala India

Baca juga: Tiga menu takjil paling diburu di Pasar Benhil


Di sisi lain, jika Anda menderita sakit kepala selama jam-jam puasa, kemungkinan besar karena gula darah rendah, sebaiknya berbuka puasalah dengan 2 butir kurma dan isi kembali kadar gula Anda.

Selain kurma, jangan lupakan asupan cairan seperti air, jus segar, untuk mencegah dehidrasi dan menyediakan cairan esensial yang dibutuhkan tubuh Anda.

Air tetap menjadi sumber hidrasi terbaik Anda. Minumlah 1 - 2 gelas air sebelum makan dan jangan selama makan untuk menghindari penundaan proses pencernaan Anda. Berhati-hatilah dengan minuman Ramadhan karena mengandung banyak gula dan kalori.

Bagaimana dengan teh manis? Ahli gizi dari PERSAGI, Rita Ramayulis tak menyarankannya karena cenderung hanya mengandung fruktosa.

"Teh manis kandungannya sukrosa saja. Salah bila berbuka puasa dengan teh manis, apalagi dengan gula berlebih," kata dia dalam sebuah kesempatan beberapa waktu lalu.

Menurut Rita, saat berbuka puasa Anda perlu segera meningkatkan kadar gula darah hingga menjadi stabil dan sukrosa saja tak cukup. Tubuh membutuhkan glukosa dan fruktosa. Konsumsi kurma sangat disarankan karena kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa ditambah serat, kalium, potassium dan vitamin A-nya.

Baca juga: Makanan minuman yang boleh dan tidak untuk buka puasa

Baca juga: Makan gorengan saat berbuka puasa, bolehkah?

Baca juga: Buka puasa dengan menu hotel berbintang di rumah

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020