Manokwari (ANTARA) - Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Turnagogo Sihombing menginstruksikan seluruh personel dan jajarannya setiap saat menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona baru (COVID-19).

Ditemui di Manokwari, sebelum bertolak ke Jakarta untuk menjemput Pataka kenaikan tipe Polda Papua Barat, Selasa, Kapolda mengutarakan bahwa dirinya bersyukur hingga saat ini belum ada personelnya yang terpapar COVID-19.

Baca juga: Personel Polda Papua Barat akan ditambah bertahap setelah naik tipe

Baca juga: Sebagian dana Otsus Papua Barat untuk ketahanan pangan

Baca juga: Warga Sorong bentrok dalam situasi tanggap darurat COVID-19


"Kita pun sangat konsen melaksanakan kegiatan pencegahan di internal Polri, baik anggota, ASN maupun honorer," ucap Kapolda.

Seperti diketahui, di saat para ASN kementerian dan pemerintah daerah memberlakukan kerja di rumah, Polri dan TNI tetap bekerja seperti biasa. Bahkan anggota Polri pun terlibat secara aktif dalam melaksanakan kegiatan pencegahan COVID-19 di setiap daerah.

"Kabid Dokkes Polda pun terus memantau kesehatan anggota dengan melakukan pemeriksaan secara rutin. Bahkan para pejabat utama, kita diwajibkan melakukan rapid test," ujarnya lagi.

Turnagogo menyebutkan bahwa Polri tetap melaksanakan pelayanan di tengah pandemi COVID-19. Hal ini menuntut kondisi kesehatan yang prima bagi seluruh anggota.

Untuk itu, lanjut Kapolda, protokol kesehatan harus benar-benar diterapkan secara baik, saat berinteraksi dengan sesama anggota maupun masyarakat.

"Tidak ada tawar menawar, protokol kesehatan wajib diterapkan dalam kondisi apapun. Selain mencegah agar kita tidak tertular, hal ini juga penting agar anggota Polri tidak menjadi carrier bagi masyarakat," katanya.

"Anggota Polri wajib pakai masker, jaga jarak saat berinteraksi. Intinya Polisi harus menjadi teladan dalam penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan COVID-19," ucap Kapolda menambahkan.

Pewarta: Toyiban
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2020