Ibu Menkeu dan Ibu Menlu menjadi sosok Kartini di pemerintahan yang ikut berjuang menghadapi kondisi saat ini
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita bercerita tentang sosok Kartini yang dikaguminya pada peringatan hari kelahiran pahlawan perempuan nasional Raden Ajeng Kartini yang jatuh pada hari ini.

"Yang paling penting bagi saya, jangan dilihat secara klise, saya melihat ibu saya juga seperti Kartini. Di luar itu, saya melihat perempuan yang juga menjadi pionir dan 'champion' di lingkungan masing-masing, seperti politik dan ekonomi juga adalah Kartini," kata Menperin saat konferensi video di Jakarta, Selasa.

Agus menyampaikan, di dalam kabinet misalnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjadi contoh sosok Kartini yang saat ini ikut berjuang bersama Kebinet Indonesia Maju dalam mengatasi pandemi COVID-19.

"Kita lihat betapa beratnya tekanan yang saat ini kita hadapi bersama. Ibu Menkeu dan Ibu Menlu menjadi sosok Kartini di pemerintahan yang ikut berjuang menghadapi kondisi saat ini," ujar Agus.

Politisi Partai Golongan Karta itu, juga menyebut bahwa di setiap profesi di Indonesia pasti memiliki sosok-sosok Kartini masing-masing yang patut diteladani sekaligus dibanggakan.

"Di dunia jurnalistik juga pasti ada figur-figur perempuan yang saya anggap sebagai Kartini zaman now," pungkas Menperin.

Baca juga: Sri Mulyani, sosok Kartini penjaga fiskal di era modern

Diketahui, RA Kartini telah menjadi tokoh yang menggelorakan pergerakan dan emansipasi perempuan Indonesia, dan diperingati setiap 21 April.

RA Kartini dalam karyanya "Dari Kegelapan Menuju Cahaya" telah menggugat budaya sebagai penghambat kemajuan perempuan.

Perjuangan Kartini membawa banyak perubahan untuk perempuan Indonesia.

Mengutip Kartini, perempuan mesti memiliki ruang untuk pengembangan diri (self development), percaya diri (self confidence), belajar mandiri (self teaching), berkegiatan sendiri (self activity) dan solidaritas perempuan.

Baca juga: Susy Susanti sebut kesempatan untuk wanita sudah terbuka lebar
Baca juga: Salam Puan serukan #gerakandapurperempuan di Hari Kartini

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2020