13 orang isolasi mandiri
Banjarbaru (ANTARA) - Pasien positif COVID-19 di Kalimantan Selatan bertambah 11 orang dari kurang dari 24 jam, dimana  pada Rabu pagi tercatat  38 kasus, namun pada Rabu pukul 16.00 Wita menjadi 49 kasus.

"Dari 49 kasus terkonfirmasi positif tersebut, sebanyak 24 orang dirawat di beberapa rumah sakit dan 13 orang isolasi mandiri," kata Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Kalsel HM Muslim pada siaran pers di Banjarbaru Rabu petang.

Selain itu, 7 orang meninggal dunia dan 5 orang pasien lainnya dinyatakan sembuh.

Menurut Muslim, penambahan 11 kasus positif COVID-19 tersebut terdiri atas enam orang baru terdeteksi, 2 orang sudah meninggal dunia, 3 orang peningkatan status dari Pasien Dalam Pengawas (PDP) menjadi positif.

Baca juga: Bantu tenaga medis, alumni UII Kalsel sumbang APD
Baca juga: Untuk waspada, Banjarbaru-Kalsel ditetapkan zona merah COVID-19


Tiga PDP tersebut, dua orang dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin dan 1 orang dirawat Rumah Sakit HM Ansyari Saleh Banjarmasin.

Sedangkan tujuh orang PDP lainnya, merupakan pasien yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif berasal dari klaster Gowa, Sulawesi Selatan.

Saat ini, para pasien yang terkonfirmasi positif, dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin, sebanyak 15 orang, RS HM Ansyari Saleh Banjarmasin sebanyak 4 orang, RS Abdul Aziz Kabupaten Barito Kuala 2 orang dan RS Boejasin Kabupaten Tanah Laut sebanyak 3 orang.

Baca juga: Sosialisasi bahaya COVID-19 di Kotabaru dilakukan hingga ke sawah
Baca juga: Dua orang pasien positif COVID-19 di Kalsel dinyatakan sembuh
ANTARA/HO-Humpro Kalsel


Pasien terkonfirmasi positif, masing-masing berasal dari Kabupaten Banjar dalam perawatan tiga orang, sembuh dua orang dan satu orang meninggal dunia.

Pasien asal Barito Kuala, dalam perawatan 5 orang, Kabupaten Tapin 1 orang dalam perawatan dan 1 orang meninggal dunia.

Kabupaten Tabalong, satu orang dalam perawatan dan satu orang sembuh, Kabupaten Tanah Bumbu tiga orang dalam perawatan, Kabupaten Balangan satu orang dalam perawatan.

Selanjutnya, pasien terkonfirmasi positif yang jumlahnya melonjak adalah Kota Banjarmasin dengan 21 orang dalam perawatan, dua orang sembuh dan lima orang meninggal dunia.

Terakhir, di Kota Banjarbaru, terdapat  dua orang positif COVID-19 yang dalam perawatan.

Baca juga: Polisi simulasikan tangani kecelakaan saat pandemi COVID-19
Baca juga: Bank Kalsel bantu penyediaan APD tenaga medis


Sementara itu, juga ada kabar gembira dua orang pasien COVID-19 kembali dinyatakan sembuh, setelah dilakukan uji PCR sebanyak dua kali dan hasilnya menunjukkan negatif.

"Hari ini kita sampaikan, ada 2 orang pasien sembuh. Setelah dilakukan uji laboratorium sebanyak 2 kali dan hasil PCR nya menunjukkan negatif,” sebutnya.

Mereka yang sembuh masing-masing berasal dari Kabupaten Banjar dan Banjarmasin dengan kode KSCovid#03 dan KSCovid#10.

Menurut Muslim, banyaknya penambahan kasus terkonfirmasi positif, berkat kinerja tim di lapangan yang melakukan treking bagi mereka yang memiliki kontak erat maupun ada riwayat perjalanan dari luar daerah Kalsel.

Selain itu, Muslim juga melaporkan, hingga saat ini Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kalsel berjumlah 1.262 orang.

Baca juga: Laboratorium BTKL-PP Kalsel sudah bisa lakukan test PCR
Baca juga: Wakapolda Kalsel ingatkan anggota gunakan masker saat bertugas

 

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020