Pemakaman sendiri dilakukan oleh tim gugus depan COVID-19, tenaga kesehatan dibantu oleh empat warga dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) standar kesehatan
Banjarmasin (ANTARA) - Pemakaman jenazah positif terinfeksi COVID-19 di Desa Matang Batas, Kecamatan Hatungun, Kabupaten Tapin, Kalsel, berjalan lancar, tanpa penolakan warga setempat.

Danramil Binuang Kapten Inf Asep Abi Abdillah di Tapin, Kamis, mengatakan bahwa pemakaman jenazah tersebut dilaksanakan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Matang Batas.

"Semua berjalan dengan kondusif, jenazah setelah datang dari Banjarmasin dengan pengawalan dari Polres Tapin, langsung menuju ke tempat pemakaman," ujarnya.

Ia mengatakan sebelumnya rencana pemakaman dilakukan di belakang rumah almarhum, namun setelah dilakukan musyawarah, kemudian diputuskan dimakamkan di TPU desa tersebut.

"Pemakaman sendiri dilakukan oleh tim gugus depan COVID-19, tenaga kesehatan dibantu oleh empat warga dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) standar kesehatan," ujarnya.

Baca juga: Karawang jadikan area TM Pahlawan untuk pemakaman jenazah COVID-19

Ia menjelaskan pemakaman dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan, antara lain warga hanya boleh melihat dengan jarak sekitar 200 hingga 300 meter dari lokasi pemakaman.

"Pemakaman dilaksanakan pada Kamis sore, sekitar pukul 15.00 Wita," tuturnya.

Pasien positif terinfeksi corona asal Tapin itu menghembuskan nafas terakhir pada Kamis, sekitar pukul 01.00 Wita.

Pasien sempat dirawat selama satu malam di ruang isolasi RSUD Datu Sanggul Rantau setelah berstatus PDP, dan dirujuk ke RSUD Ulin Banjarmasin serta mendapat perawatan intensif selama empat hari.

Baca juga: MUI: Pemulasaraan jenazah di daerah rawan COVID-19 agar pakai APD
Baca juga: Puan: Prosedur pemakaman jenazah COVID-19 harus disosialisasikan

Pewarta: Gunawan Wibisono/Muhammad Husien Asyari
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020