Jambi (ANTARA News) - Aktivitas vulkanik Gunung Kerinci di Kabupaten Kerinci, Jambi, sejak sepekan terakhir terus meningkat ditandai oleh letusan-letusan kecil disertai percikan api dan asap tebal berketinggian 400 meter lebih.

Kepala Pos Pemantau Gunung Kerinci Heri Prasetyo ketika dihubungi, Selasa mengatakan, letusan dalam kawah di gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Provinsi Jambi itu terus terjadi tanpa henti.

"Aktifitas gunung Kerinci terus meningkat, sering terjadi letupan-letupan di kawah gunung tersebut disertai percikan api dan awan hitam," katanya.

Hingga Senin malam (18/5) ketinggian asap mencapai 400 meter sedangkan gempa tremor mencapai ratusan kali namun masih dalam skala kecil paling tinggi 5 SR, sementara status gunung berketinggian 3.805 meter itu masih waspada.

Dalam keterangan terpisah, Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Kerinci Amirsyam menyebutkan sebagian penduduk yang tinggal di kaki gunung, umumnya di perbatasan Sumatera Barat dan Kabupaten Kerinci, sudah mengungsi.

Sementara warga Kecamatan Kayu Aro masih menjalankan aktivitasnya seperti hari biasa.

"Pemerintah belum berani mengambil sikap atau menyuruh warga mengungsi sebelum ada petunjuk dari Badan Pemantau Gunung Berapi yang hari ini (19/5) petugas dari pusat akan datang untuk memantau aktivitas gunung tertinggi di Sumatra tersebut," kata Amirsyam. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009