Dompet Dhuafa bagikan paket sembako bagi pekerja lepas di tengah wabah

Dompet Dhuafa bagikan paket sembako bagi pekerja lepas di tengah wabah

Seorang pedagang menerima paket Sembako dari Dompet Dhuafa, di Jakarta, Selasa (7/4/2020). (Humas Dompet Dhuafa)

Jakarta (ANTARA) - Lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa membagikan paket sembako dan cairan pembersih tangan kepada para pekerja yang terpaksa keluar rumah untuk mencari nafkah di tengah pandemi COVID-19.

"Pembatasan fisik di berbagai wilayah Indonesia untuk mencegah penyebaran virus corona membuat sejumlah orang mengalami penurunan pemasukan," kata Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Tengah Satria Nova melalui keterangan pers Dompet Dhuafa yang diterima di Jakarta, Selasa.

Baca juga: 200 ribu paket sembako didistribusikan ke pekerja terdampak COVID-19

Ia mengatakan selain sembako, paket makanan bergizi serta makanan siap santap juga didistribusikan oleh tim relawan.

Dompet Dhuafa Cabang Jateng, kata dia, menargetkan pendistribusian lebih dari 1.000 paket setiap bulan.

Dompet Dhuafa juga mengajak semua pihak bersinergi dalam upaya memberikan bantuan bagi orang-orang yang kurang mampu yang terkena dampak pandemi COVID-19.

"Karena hari-hari ke depan akan sulit bagi sebagian orang, khususnya orang-orang miskin, masyarakat rentan miskin, pekerja lepas, serta para buruh dan kelompok rentan lainnya," katanya. 

Baca juga: Dompet Dhuafa bagikan masker dan hand sanitizer pada pengemudi ojol

"Kami juga mengajak kerja sama dari semua elemen pemerintahan, masyarakat hingga komunitas untuk bersama-sama membantu ekonomi kecil yang terpuruk di tengah pandemi corona," lanjut Satria Nova. 

Wabah COVID-19, yang disebabkan oleh virus SARS-COV-2, telah melumpuhkan perekonomian dan memaksa banyak perusahaan membatasi operasi guna menghindari penyebaran virus ditularkan melalui droplet cairan batuk dan bersin penderita.

Baca juga: Wonosobo siapkan Rp12 miliar untuk jaring pengaman sosial

Sejumlah perkantoran juga memberlakukan kerja dari rumah kepada karyawan mereka sehingga memberikan dampak negatif yang besar terhadap perekonomian masyarakat kelas bawah.

Terlebih mereka yang bekerja dengan mengandalkan pendapatan harian," kata dia.

Oleh karena itu, sebagai lembaga kemanusiaan yang berupaya membantu program pemerintah untuk meringankan beban masyarakat, Dompet Dhuafa memberikan bantuan sembako bagi para pejuang keluarga, termasuk keluarga difabel prasejahtera.

Baca juga: Temanggung siapkan jaring pengaman sosial untuk 25.000 keluarga
Pewarta : Katriana
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020