Tika Aprilia, relawan asal HSU Kalsel untuk pasien COVID-19 di Jakarta

Tika Aprilia, relawan asal HSU Kalsel untuk pasien COVID-19 di Jakarta

Tika Aprilia berhijab hitam bersama rekan-rekannya. (Antaranews Kalsel/Eddy Abdillah) (.)

Amuntai (ANTARA) - Tenaga kesehatan dari Puskesmas Alabio, Tika Aprilia menjadi satu-satunya tenaga kesehatan dari Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, yang dikirim sebagai calon tenaga relawan untuk membantu menangani pasien COVID-19 di Jakarta.

Menurut wanita berusia 24 tahun, warga Kelurahan Kebun Sari Amuntai di Amuntai Sabtu, dia lulus seleksi dan bersedia dikirim sebagai relawan atas keinginan sendiri dengan difasilitasi oleh DPC Patelki HSU dan DPW Patelki Kalsel.

Tika mengaku motivasinya bersedia menjadi relawan karena ingin berguna bagi sesama dan menjadi 'orang baik'.

"Jika kamu kesulitan mencari orang baik, maka jadilah orang baik itu," ujar Tika.

Ia mengatakan, keluarga dan teman-temannya sebagian keberatan atas keinginannya menjadi relawan, karena khawatir dirinya ikut tertular Virus corona . Namun ia berhasil meyakinkan mereka bahwa dia akan selalu hati-hati dan waspada mengikuti aturan menjaga keamanan dan kebersihan.

Tenaga Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) di Puskesmas Alabio ini, rencananya akan berangkat pada Minggu (5/4) dan bergabung dalam gelombang kedelapan bersama 260 relawan lainnya dari berbagai profesi medis se-Indonesia.

Tika tercatat sebagai satu-satunya tenaga medis asal Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalsel, yang berharap pilihannya ini bisa menjadi motivasi bagi rekan-rekannya sesama tenaga medis untuk berperan dalam penanganan pandemi COVID-19.

Sebelum diterjunkan ke lapangan, Tika bersama calon relawan satuan tugas (Satgas) COVID-19, terlebih dahulu akan mengikuti pelatihan di Wisma Atlet Jakarta. Rencananya Tika akan akan bertugas selama satu bulan di wisma atlet sebagai petugas laboratorium. Sedangkan biaya dan akomodasi, Tika mendapat dukungan dari DPC Patelki HSU dan DPW Patelki Kalsel.

Ketua DPC Patelki HSU Nida Failasofa berharap Tika dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan kembali ke 'Banua' dengan selamat.

Kementerian BUMN sekitar dua pekan terakhir membuka pendaftaran untuk relawan yang ingin bertugas menghadapi pasien terinfeksi COVID-19 di wisma atlet Jakarta. Tercatat ribuan relawan sudah mendaftar dan mengikuti seleksi di Wisma Atlet Jakarta.
 
Pewarta : Ulul Maskuriah/Eddy Abdillah
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020