Anak usia enam tahun sumbangkan tabungan untuk APD tenaga medis

Anak usia enam tahun sumbangkan tabungan untuk APD tenaga medis

Yasmin Saman Ahmad, anak berusia enam tahun di Makassar yang datang ke posko Jurnalis Peduli Kemanusiaan (JPK) Sulsel, Sekertariat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar, untuk menyerahkan bantuannya yang masih dalam bentuk celengan, Jumat (3/04). ANTARA Foto/HO-JPK Sulsel

Makassar (ANTARA) - Yasmin Saman Ahmad, seorang anak berusia enam tahun di Makassar, Sulawesi Selatan, menyumbangkan uang tabungannya untuk pengadaan alat perlindungan diri (APD) bagi tenaga medis dalam penanganan pasien terkait COVID-19.

Yasmin didampingi ibunya Mardiana Rusli datang ke Posko Jurnalis Peduli Kemanusiaan (JPK) Sulsel di Sekertariat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar, Jumat untuk menyerahkan bantuannya yang dikumpulkan dalam celengan itu.

Di tempat itu, Yasmin disaksikan oleh panitia JPK Sulsel dengan antusias membuka celengannya yang berbentuk ikan. Uang receh memenuhi celengan tersebut dan setelah dihitung nilainya sebanyak Rp448.800.

"Ini untuk bantu belikan kakak dokter dan perawat baju (APD) di puskesmas dan rumah sakit. Tetap semangat kakak dokter," kata Yasmin, usai menyerahkan seluruh isi celengannya ke panitia JPK Sulsel.

Yasmin mengaku ikhlas menyerahkan tabungannya untuk membantu tim medis yang bekerja sebagai garda terdepan dalam penanganan COVID-19. Selain itu, sebagai tambahan membeli APD bagi tenaga paramedis.

Mardiana menambahkan keinginan Yasmin merelakan celengan itu atas inisiatifnya sendiri dan hatinya tergerak melihat kondisi tenaga medis yang kekurangan APD.

Kata dia, Yasmin dididik untuk terbiasa menabung sejak berumur dua tahun. Hasil tabungan itu diperuntukkan untuk bantuan sosial.

"Jadi setiap dua tahun celengan dibuka berapapun isinya dan disumbangkan yang berhubungan dengan kemanusiaan," kata mantan Ketua AJI Makassar itu.

Komisioner KPU Sulsel priode 2014-2019 ini berharap kepada pemerintah untuk bergerak cepat menangani penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat serta mengonsolidasikan gerakan bersama agar masyarakat tetap tinggal di rumah dan menjaga kebersihan diri serta lingkungannya.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator JPK Sulsel Darwin Fatir mengapresiasi empati yang ditunjukkan Yasmin untuk ikut mengatasi kondisi sosial saat ini. Aksi Yasmin itu dinilai bagian dari respons cepat terhadap kondisi yang dihadapi Indonesia melawan virus corona jenis baru yang episentrumnya berasal dari Wuhan, China, itu.

"Ini sangat patut mendapat apresiasi, Yasmin di usia masih sangat muda sudah peduli akan kemanusiaan. Kami sangat salut dan bangga serta berterima kasih atas sumbangan yang diberikan," ujarnya.

Baca juga: Sejumlah perusahaan terpanggil bantu pengadaan APD bagi tim medis

Hingga saat ini, kata Darwin, pihaknya telah menghimpun donasi dari sumbangan masyarakat sebanyak Rp8.986.800 sejak dibuka Selasa (31/3) hingga Jumat (3/4). Dana tersebut berasal dari kalangan jurnalis maupun pribadi dari jaringan jurnalis.

Darwin menyampaikan JPK telah memesan paket APD (jubah, kaos tangan dan masker) sebanyak 33 paket senilai Rp5,2 juta yang sementara dalam proses pengiriman ke Makassar.

Baca juga: KAJ salurkan APD-makanan siap saji, bantu penanganan COVID-19

"Rencana akan didistribusikan setelah barang tersebut tiba di Makassar," kata pewarta Kantor Berita Antara itu.

Darwin menyatakan JPK Sulsel akan terus membuka donasi kepada publik sebagai bentuk kepedulian membantu tim medis dalam percepatan penanganan COVID-19.

Baca juga: LinkAja donasikan 55 ribu APD bagi tenaga medis

"Kami target pengadaan APD sebanyak 1.000 paket sebagai langkah awal," katanya.

Posko JPK Sulsel dipusatkan di Sekretariat AJI Makassar Jalan Toddopuli VII nomor 23 A Makassar. Sementara untuk donasi bisa dikirim melalui rekening BNI Makassar, an. M Darwin F di nomor rekening 584667615.
Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2020