49 WNI yang menjadi anak buah kapal tersebar di berbagai kapal, termasuk di Kapal Costa Luminosa
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah 191 warga negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri terkonfirmasi positif COVID-19, menurut data mutakhir Kementerian Luar Negeri RI per Kamis (2/4) pukul 10.00 WIB.

Jumlah tersebut bertambah sebanyak 53 kasus dibandingkan pada Rabu (1/4) pukul 08.30 WIB, yakni 138 kasus. Dari angka tambahan itu, 45 kasus di antaranya terjadi pada anak buah kapal (ABK), sehingga total 49 kasus ABK.

"49 WNI yang menjadi anak buah kapal tersebar di berbagai kapal, termasuk di Kapal Costa Luminosa (yang bersandar di Italia, red)," tulis akun resmi @Kemlu_RI

Dalam infografis yang dibagikan Kemlu RI, persebaran kasus WNI terpapar virus corona di luar negeri mencakup 22 negara di seluruh dunia serta kasus akumulatif international conveyance atau ABK.

Oman, Belgia, dan Amerika Serikat (AS) menjadi tiga negara tambahan yang baru melaporkan kasus WNI positif COVID-19 dengan masing-masing satu pasien yang saat ini dinyatakan berada dalam keadaan stabil.

Sementara di China, Makau dan Brunei Darussalam, masing-masing terdapat tambahan satu kasus baru pada WNI. Di Spanyol, ada tambahan enam kasus pada WNI, sehingga totalnya kini menjadi sembilan kasus.

Dari total 191 kasus per hari ini, kebanyakan pasien disebutkan berada dalam kondisi yang stabil saat ini. Bahkan mereka yang sembuh sebanyak 29 orang, atau sekitar 15%. Sementara dua pasien yang masing-masing ada di Malaysia dan Singapura meninggal dunia.

Di seluruh dunia, 205 negara dan wilayah telah melaporkan kasus terkonfirmasi positif COVID-19. Jumlahnya kini mencapai 823.626 kasus, dengan AS sebagai negara dengan pasien terbanyak yakni lebih dari 163.000 orang, menurut data Kemlu RI.

Kemudian Italia dan Spanyol dengan jumlah masing-masing sebanyak 105.792 dan 94.417 kasus. Sedangkan di China daratan sendiri, yang merupakan episentrum pertama pandemi COVID-19 ini, jumlah kasusnya 82.000 lebih.

Di dalam negeri Indonesia, kasus COVID-19 secara akumulatif tercatat sebanyak 1.677 kasus per 1 April pukul 12.00 WIB.

Baca juga: BNPB dukung pemulangan WNI dari kapal World Dream dan Diamond Princess
Baca juga: KKP Sampit periksa kesehatan anak buah kapal asing

Pewarta: Suwanti
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020