Presiden minta pengadaan perangkat pemeriksaan COVID-19 diperhatikan

Presiden minta pengadaan perangkat pemeriksaan COVID-19 diperhatikan

Presiden Joko Widodo menyampaikan paparan melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Senin (30/3/2020), dalam rapat mengenai penanggulangan COVID-19. (ANTARA/Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo meminta pengadaan perangkat pemeriksaan diperhatikan supaya pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi infeksi virus corona penyebab COVID-19 tidak terhambat.

Dalam rapat terbatas mengenai penanggulangan COVID-19 yang dilakukan melalui konferensi video, Presiden di Istana Kepresidenan Bogor, Senin, mengemukakan pentingnya penyediaan perlengkapan pendukung percepatan pemeriksaan infeksi virus corona di laboratorium.

"Saya juga minta ketersediaan rapid test (alat pemeriksaan cepat), PCR (polymerase chain reaction), untuk percepatan pemeriksaan di laboratorium," kata Presiden.

"Pengadaan untuk ini tolong juga diperhatikan," ia menambahkan.

Presiden mengatakan bahwa penggunaan alat pemeriksaan cepat untuk mendeteksi potensi infeksi virus corona penyebab COVID-19 diprioritaskan untuk untuk tenaga kesehatan dan keluarganya.

"Untuk rapid test saya minta yang diberikan prioritas adalah tenaga-tenaga kesehatan beserta seluruh lingkaran keluarganya, tentu saja beserta yang terkena status ODP (orang dalam pemantauan)," katanya.

Baca juga:
Presiden: Pembatasan sosial perlu didampingi kebijakan darurat sipil
Pemerintah Jawa Barat mulai tes COVID-19 massal pada tenaga kesehatan
Pewarta : Hanni Sofia
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2020