BPJamsostek Denpasar siapkan antrean daring untuk pengajuan klaim

BPJamsostek Denpasar siapkan antrean daring untuk pengajuan klaim

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Bali-Denpasar Mohamad Irfan (ANTARA/Ni Luh Rhisma)

Denpasar (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Bali-Denpasar menyiapkan pengambilan antrean dengan sistem dalam jaringan (daring) atau "online" bagi para peserta yang ingin mengajukan klaim ke kantor setempat, untuk meminimalkan penyebaran COVID-19.

"Peserta yang ingin mengambil antrean 'online' dapat melalui website www.antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id dan aplikasi BPJSTKU. Antrean 'online" ini bertujuan untuk mengurangi adanya kerumunan peserta di kantor BPJamsostek," kata Kepala BPJamsostek Cabang Bali-Denpasar Mohamad Irfan, di Denpasar, Jumat.

Pengambilan antrean secara daring ini diberlakukan selama masa bekerja dari rumah atau WFH yang dilaksanakan BPJamsostekCabang Bali-Denpasar mulai 19 Maret 2020.

"Jadi, selama menjalani WFH ini, bukan berarti kantor tutup karena peserta masih dapat mengajukan klaim pada kami dengan pengambilan antrean secara online tersebut," ucapnya.

Irfan menambahkan, kebijakan itu diambil sesuai dengan Surat Keputusan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 13.A Tahun 2020 tentang Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia serta Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 7194 Tahun 2020 tentang Panduan Tindak Lanjut Terkait Pencegahan Penyebaran COVID-19.

"Selain itu WFH juga mengacu pada Surat Edaran Gubernur Bali yang menyebutkan bahwa tugas-tugas penyelenggaraan administrasi pemerintahan oleh para pegawai diupayakan dilaksanakan di rumah, kecuali yang berkaitan dengan pelayanan publik secara langsung," ujarnya.

Bagi peserta yang berkunjung ke BPJamsostek Denpasar, lanjut dia, juga akan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, serta melakukan konfirmasi terkait riwayat perjalanan pada daerah yang endemis COVID-19 dan kondisi kesehatannya.

"WFH ini mungkin berlangsung sekitar dua bulan, bisa kurang, bisa lebih, tergantung perkembangan COVID-19 di Tanah Air," ucapnya.

Irfan berharap wabah yang bermula dari Wuhan, China ini segera mereda sehingga masyarakat dapat melakukan aktivitas seperti biasa dan BPJamsostekCabang Bali-Denpasar dapat memberikan pelayanan terbaik.

Baca juga: BPJAMSOSTEK layani klaim tanpa kontak fisik cegah penularan COVID-19
Baca juga: BPJAMSOSTEK: pembayaran iuran masih normal di tengah wabah COVID-19
Pewarta : Ni Luh Rhismawati
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020