Bupati Aceh Barat imbau warga tetap tenang terkait corona

Bupati Aceh Barat imbau warga tetap tenang terkait corona

Bupati Aceh Barat Ramli M.S. (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

Meulaboh (ANTARA) - Bupati Aceh Barat Ramli M.S. mengimbau seluruh masyarakat di daerah setempat tidak perlu panik terkait penyebaran virus corona (COVID-19) yang kini sudah menjadi pandemi.

“Kami imbau masyarakat agar tetap tenang dan waspada, tidak perlu ada yang ditakuti. Kita harus tetap menjaga kesehatan,” kata dia di Meulaboh, Senin.

Agar penanggulangan sebaran corona di masyarakat dapat dicegah, kata dia, pemerintah daerah sudah menerbitkan surat edaran kepada masyarakat agar berperilaku hidup yang bersih serta rajin mencuci tangan setiap kali akan makan atau beraktivitas.

Selain itu, katanya, masyarakat wajib memperhatikan etika saat batuk, yakni dengan cara menjaga jarak dari orang lain, menutup hidung dan mulut menggunakan tisu.

Masyarakat juga diimbau mengonsumsi makanan yang sehat, halal, dan memperbanyak sayuran, buah, dan protein untuk memenuhi asupan gizi sehari-hari.

“Jika mengalami demam, batuk, sakit tenggorokan, dan sesak napas, masyarakat diimbau memakai masker serta segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat,” kata dia.

Ia juga mengimbau masyarakat muslim di daerah itu memperbanyak ibadah agar dijauhkan dan terhindar dari berbagai macam penyakit dan marabahaya.

Baca juga: Pesan pasien sembuh COVID-19: Jangan panik
Baca juga: Dirut RSPI minta masyarakat tidak panik periksa COVID-19
Pewarta : Teuku Dedi Iskandar
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020