Palembang (ANTARA) - Pengurus Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumatera Selatan mengingatkan para jurnalis terutama jurnalis televisi di provinsi setempat mengikuti protokol kesehatan ketika melakukan liputan untuk mencegah terkena virus corona baru (COVID-19).

"COVID-19 penyebarannya semakin meluas, meskipun diimbau tidak boleh panik namun protokol kesehatan dan mitigasi liputan tetap harus diikuti jurnaLis di lapangan agar tidak tertular," kata Ketua IJTI Sumsel, Ardiansyah Nugraha di Palembang, Ahad.

Baca juga: Antisipasi corona, peserta Kongres Demokrat diperiksa suhu tubuh

Dia menjelaskan, setiap jurnalis saat menjalankan tugas mencari berita di lapangan harus memprioritaskan kesehatan diri dan keselamatan kerja.

"Secara nasional kami telah merilis panduan mitigasi keselamatan liputan virus corona," ujarnya.

Panduan singkat protokol mitigasi peliputan COVID-19 untuk newsroom di antaranya redaksi mengatur tim liputan sesuai kebutuhan newsroom dan dimonitor setiap saat.

Dalam situasi darurat dan jika dipandang perlu untuk tugas yang bisa dikerjakan di rumah sebaiknya dikerjakan di rumah.

Baca juga: Antisipasi sebaran COVID-19, Pemprov batasi kegiatan di keramaian

Rapat redaksi bisa dilakukan melalui grup aplikasi percakapan atau secara daring (online conference).

Kemudian jurnalis harus memetakan wilayah yang berpotensi menjadi tempat penularan COVID-19 sehingga dapat dilakukan tindakan antisipasi penularan virus tersebut secara maksimal
.
Seluruh tim liputan wajib mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan terkait COVID-19 dan melindungi diri serta menghindari kawasan yang diduga terinfeksi virus tersebut.

Panduan mitigasi tersebut diharapkan dapat memperkecil risiko tertular bagi jurnalis yang melakukan peliputan terutama yang meliput perkembangan virus Corona, kata Ketua IJTI Sumsel.

Baca juga: Cegah COVID-19, Polda Sumsel semprot rumah ibadah dengan disinfektan
Baca juga: Kementerian ATR pastikan kesehatan Sofyan Djalil negatif corona

 

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020