Investor lirik bekas PG Tulangan Sidoarjountuk pariwisata

Investor lirik bekas PG Tulangan Sidoarjountuk pariwisata

Rapat dengar pendapat tentang rencana menjadikan bekas Pabrik Gula Tulangan sebagai tempat pariwisata edukasi di Kantor DPRD Sidoarjo. (Foto : Antarajatim/SN/IS).

Sidoarjo (ANTARA) - Investor asal Jakarta melirik bekas Pabrik Gula (PG) Tulangan, di Sidoarjo Jawa Timur untuk digunakan sebagai tempat pariwisata edukasi.

Investor asal Jakarta, Etsa Rahma Devi yang juga pemilik PT Astin di Sidoarjo, Jumat, mengatakan PG Tulangan menarik untuk disulap menjadi destinasi wisata karena memiliki beberapa keunggulan.

"Secara lokasi memang cukup strategis. Sidoarjo memiliki kedekatan dengan Bandara Internasional Juanda, Terminal Purabaya maupun akses stasiun kereta api," katanya di sela melakukan dengar pendapat dengan Komisi D DPRD Sidoarjo bersama Dinas Kepemudaaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo.

Etsa menawarkan untuk menyulap bekas Pabrik Gula yang sudah tidak beroperasi itu menjadi tempat wisata sekaligus pendidikan.

"Konsepnya adalah Sidoarjo Sains Center, dimana memadukan antara wisata dan pendidikan. Tentu akan mengembangkan perekonomian sekitar juga," tambahnya.

Meski akan dirombak, lanjut dia pembangunan Sidoarjo Sains Center yang ditawarkan tetap tidak menghilangkan unsur heritage bangunan lawas itu.

"Lori yang ada masih bisa berfungsi, jadi bisa jadi salah satu wahana tersendiri," ujarnya.

Menanggapi rencana itu, Komisi D DPRD Sidoarjo menyambut baik dan menyarankan kepada investor tetap berkoordinasi dengan baik dengan pihak PTPN sebagai pemilik lahan.

"Yang jelas seluruh investasi harus memberikan efek yang jelas kepada Sidoarjo," kata ketua Komisi D DPRD Sidoarjo Dhamroni Chudlori.

Dalam kesempatan itu juga, Kepala Disporapar Sidoarjo Djoko Supriyadi juga menyatakan persetujuannya karena menurutnya, pembangunan wisata itu akan berdampak positif kepada Sidoarjo.

"Selama ini, Sidoarjo hanya menjadi tempat transit wisatawan yang berkunjung ke sejumlah daerah di Jawa Timur. Dengan adanya wahana wisata baru itu akan menarik wisatawan berkunjung. Wisatawan akan lebih lama di Sidoarjo, Ini wisata yang ditunggu," jelasnya.
Pewarta : Indra Setiawan
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020