Pangdam pimpin upacara pemakaman Dandim Kuala Kapuas

Pangdam pimpin upacara pemakaman Dandim Kuala Kapuas

Sejumlah pasukan pembawa jenazah almarhum Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono saat berangkat dari rumah duka, di Desa Manjung RT 3 RW 1 Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten Jawa Tengah, Selasa (10/3/2020).. (ANTARA/Bambang Dwi Marwoto)

Klaten (ANTARA) - Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi memimpin upacara militer pemakaman jenazah Dandim Kuala Kapuas Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Ratna Bantala Desa Sumberejo, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Selasa petang.

Rombongan pembawa jenazah Letkol Kav. Bambang Kristianto Bawono tiba di TMP Ratna Bantala Klaten, sekitar pukul 16.00 WIB diiringi sejumlah pelayat, baik sanak saudara, teman, maupun tetangga almarhum yang mengantar ke peristirahatan terakhir Dandim Kuala Kapuas itu di tempat kelahirannya.

Istri almarhum Dandim Kuala Kapuas, Sinta Nugrahaini, dan kedua anaknya Samuel (12) dan Lala (9) yang turut hadir mengantar jenazah di pemakaman tidak bisa menahan tangis saat peti diturukan oleh pasukan pembawa jenazah ke liang lahat.

Menurut Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, almarhum meninggal dunia saat sedang bertugas meninjau lokasi kunjungan kerja Raja dan Ratu Belanda, di Sungai Sebangau, Kabupaten Palangkaraya, Kalimantan Tengah, pada Senin (9/3).

Atas kejadian itu Presiden RI Joko Widodo memberikan penghargaan terhadap almarhum dengan menaikkan pangkat menjadi Kolonel Kav (Anumerta) kepada Bambang Kristianto Bawono.

"Kami ikut berbela sungkawa atas gugurnya almarhum saat bertugas, sehingga jenazahnya dimakamkan di TMP dengan upacara militer," kata Pangdam.

Heru Watoro, salah satu kerabat almarhum, mengatakan pihak keluarga tidak memiliki firasat apa-apa atas musibah tersebut. Keluarga mengetahui meninggalnya almarhum dari grup whatsapp rekan kerjanya.

"Kami tahu ada kecelakaan itu langsung berdoa semoga selamat. Namun, takdir berkata lain, almarhum gugur dalam tugasnya," ujar Heru.

Heru menambahkan saat prosesi pemakaman anak bungsu almarhum menangis. 

Baca juga: Jenazah Dandim Kuala Kapuas dimakamkan di Jateng

Sriyono (49), Ketua RW 1 Desa Manjung Ngawen, Klaten, menjelaskan awalnya dari pihak keluarga almarhum menginginkan agar jenazahnya dimakamkan dekat makam bapaknya, almahum Brigjen Pol Tukarno, di TPU Ketitang Ngawen.

Baca juga: Jenazah Dandim Kuala Kapuas batal dimakamkan dekat ayahnya

Namun, atas permintaan dari Kodam XII/Tanjungpura, Kalimatan Tengah, almarhum Letkol Kav Bambang Kristianto Bowono dimakamkan di TMP Ratna Bantala Klaten.

Jenazah Dandim 1011/Kuala Kapuas Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono sebelum dimakamkan ke TMP, terlebih dahulu dilakukan upacara sembayangan di rumah duka Desa Manjung RT 3 RW 1 Kecamatan Ngawen Klaten.

Setelah itu, kata dia, dilanjutkan, upacara serah terima dari pihak keluarga kepada TNI AD untuk dimakamkan dengan upacara militer, di TMP Klaten. Jenazah diberangkatkan dari rumah duka sekitar pukul 15.30 WIB. 
Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2020