Sukabumi diguncang gempa bermagnitudo 5.0

Sukabumi diguncang gempa bermagnitudo 5.0

Pusat gempa bumi berkekuatan 5.0 SR yang berpusat di Kabupaten Sukabumi, Jabar pada Selasa. (10/3/2020). (ANTARA/Istimewa)

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Gempa bumi bermagnitudo 5.0 mengguncang Kota dan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang menyebabkan sebagian warga merasakan getaran, namun tidak membuat panik karena guncangannya kurang dirasakan.

Informasi yang dihimpun dari rilis yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa yang terjadi pada Selasa, sekitar pukul 17.17 WIB tersebut berpusat di 6.89 LS 106.62 BT, 13 km Timur Laut Kabupaten Sukabumi dengan kedalaman pusat gempa 10 km di bawah permukaan laut.

"Tadi gempa dirasakan tidak begitu besar, tapi tetap saja kaget karena saat kejadian saya berada di dalam kamar mandi dan bergegas langsung keluar rumah," kata warga Parungseah, Kecamatan/Kabupaten Sukabumi A Maulana di Sukabumi.

Baca juga: Flash - Terasa di Jakarta gempa magnitudo 5,0 di Sukabumi

Baca juga: Kemarin, dari gempa di Tahuna hingga megathrust di Sukabumi

Baca juga: BMKG jelaskan soal potensi gempa megathrust di Sukabumi


Sementara, salah seorang warga Batusapi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Olan, mengatakan getaran gempa tidak terlalu dirasakan, namun dirinya melihat sejumlah warga keluar rumah.

Selain itu, masyarakat yang berada di pesisir pantai pun terlihat biasa saja tidak ada kepanikan.

"Gempanya tidak lama hanya sekitar dua sampai tiga detik saja. Meskipun tidak panik tetap saja kami khawatir terjadi gempa susulan apalagi rumah dekat dengan laut," katanya.

Gempa bermagnitudo 5.0 tersebut tidak berpotensi terjadinya tsunami. Hingga saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi belum mendapatkan informasi kerusakan terkait dampak gempa.*

Baca juga: USAID-PMI tinjau program kesiapsiagaan gempa bumi di Sukabumi

Baca juga: Gempa Garut dirasakan hingga Sukabumi

Baca juga: BPBD: belum ada laporan kerusakan akibat gempa Sukabumi
Pewarta : Aditia Aulia Rohman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020