Jenazah Dandim Kuala Kapuas batal dimakamkan dekat ayahnya

Jenazah Dandim Kuala Kapuas batal dimakamkan dekat ayahnya

Sejumlah pelayat saat menghadiri di rumah duka Desa Tanjung RT 3 RW 1 Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten Jawa Tengah, Selasa (10/3/2020). (ANTARA/Bambang Dwi Marwoto)

Klaten (ANTARA) - Jenazah Dandim 1011/ Kuala Kapuas, Letkol Kav. Bambang Kristianto Bawono yang gugur dalam kecelakaan speedboat di Taman Nasional Sebangau Kalimantan Tengah, batal dimakamkan dekat ayahnya di TPU Ketitang, Gatak Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten, Selasa.

Namun, atas permintaan dari Kodam XII/Tanjungpura Kalimatan Tengah, jenazah Letkol Kav Bambang Kristianto Bowono untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Ratna Bantala Klaten.

Menurut Sriyono (49) selaku Ketua RW 1 Desa Manjung Ngawen Klaten awalnya dari pihak keluarga almarhum memang jenazahnya akan dimakamkan dekat dengan makam bapaknya, Brigjen Pol Tukarno, di TPU Ketitang Ngawen.

Baca juga: Dandim Kapuas meninggal dunia akibat laka speed boat

Namun, kata Sriyono, atas pemintaan dari pihak TNI di Kalimantan Tengah yang memberikan rekomendasi untuk dimakamkan di Taman Pahlawan di Klaten. Hal ini, karena almarhum gugur dalam tugas.

Sriyono mengatakan jenazah Letkol Kav Bambang Kristianto rencana setibanya di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta, kemudian langsung dibawa pulang ke rumah duka di RT3/RW1 Manjung Kecamatan Ngawen Klaten.

Jenazah setibanya di rumah duka di Desa Manjung dan digelar sembayangan terlebih dahulu, dan baru dimakamkan ke Taman Pahlawan Ratna Bantala Klaten. Jenazah akan diberangkatkan dari rumah duka sekitar pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Jenazah Dandim Kuala Kapuas dimakamkan di Jateng

Almarhum Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono meninggalkan seorang istri Sinta Nugrahini, dan dua anak Samuel (12) dan Lala (8). Almarhum mempunyai tiga saudara kakak Resnawati, dua adik Reni dan Bimo.

Singgih salah satu paman almarhum mengatakan almarhum memang dikenal orangnya pendiam, tetapi dia sangat dekat dan memperhatikan baik keluarga maupun masyarakat di desanya.

Berdasarkan pantauan di lokasi rumah duka di Desa Manjung Kecamatan Ngawen Klaten, ratusan orang sanak saudara, teman, tetangga, rekan kerja di TNI Angkatan Darat hadir melayat almarhum.

Bahkan, puluhan karangan bunga dari para pejabat maupun teman, dan sanak saudara sudah memenuhi di halaman rumah duka. ***3***

Baca juga: Kodam Tanjungpura berbelasungkawa atas meninggalnya Dandim 1011/Klk
 
Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020