LIB: Pembukaan Liga 2 di Balikpapan agar dekat Ibu Kota baru

LIB: Pembukaan Liga 2 di Balikpapan agar dekat Ibu Kota baru

Ilustrasi: Suasana pertandingan Tim pelajar Indonesia melawan Korea Selatan dalam laga Grup B Kejuaraan Sepak Bola Pelajar Asia 2019, yang dimainkan di Stadion Batakan, Balikpapan, Selasa (19/11/2019). (ANTARA/A Rauf Andar Adipati)

Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Cucu Somantri mengatakan, pihaknya memilih pembukaan Liga 2 Indonesia 2020 di Balikpapan agar dekat dengan calon Ibu Kota baru Indonesia di Kalimantan Timur.

“Kami memutuskan di Kalimantan supaya kita bisa melihat calon Ibu Kota,” ujar Cucu di Jakarta, Jumat.

Pertandingan pembuka Liga 2 Indonesia 2020 akan berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan, mempertemukan Persiba dan Kalteng Putra pada 14 Maret 2020.

Baca juga: LIB ubah format delapan besar Liga 2 Indonesia 2020

Menurut Cucu, sebenarnya LIB mendapatkan permintaan untuk menggelar laga awal Liga 2 Indonesia di beberapa wilayah.

Akan tetapi, dengan berbagai pertimbangan, termasuk karena pembukaan Liga 1 Indonesia 2020 sudah digelar di Jawa, LIB memilih Balikpapan sebagai tempat pertandingan pertama Liga 2 2020.

Pemerintah Indonesia berencana memindahkan Ibu Kota negara ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Jika dihitung dari Batakan, jarak ke Penajam Paser Utara sekitar 88 kilometer atau sekitar tiga jam perjalanan dengan menggunakan mobil. Sementara jarak Batakan ke Kabupaten Kutai Kertanegara sekitar 140 kilometer, juga sekitar tiga jam perjalanan.

Liga 2 Indonesia 2020 sendiri diikuti oleh 24 tim, yang dibagi dalam grup barat serta timur, dan dimulai pada 14 Maret 2020.

Baca juga: LIB naikkan subsidi klub Liga 2 Indonesia 2020

Pewarta : Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020