Rektor USU mengimbau civitas akademika USU siaga virus corona

Rektor USU mengimbau civitas akademika USU siaga virus corona

Rektor Universitas Sumatera Utara Prof Dr Runtung Sitepu,SH. (ANTARA/HO)

Medan (ANTARA) - Rektor Universitas Sumatera Utara Prof Dr Runtung Sitepu mengimbau civitas akademika USU agar tetap siaga terkait semakin meluasnya wabah virus corona (Covid-19) dan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Kepala Kantor Humas Promosi dan Protokoler Universitas Sumatera Utara (USU) Elvi Sumanti dihubungi di Medan, Rabu, mengatakan Surat Edaran Nomor:2581/UN.5.1.R/KPM/2020 tentang Siaga Novel Corona Virus (Covid-19) dikeluarkan 03 Maret 2020 dan ditandatangani oleh Rektor USU.

Rektor USU dalam suratnya edarannya agar Menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), terutama mencuci tangan dengan menggunakan sabun/hand sanitizer dengan cara cuci tangan sesuai standar WHO terutama setelah memegang fasilitas umum atau berintegrasi dengan seseorang gejala infeksi saluran nafas (batuk, pilek, demam, sesak nafas dan lainnya).

Kemudian memasak makanan hingga matang, dan meningkatkan daya tahan tubuh melalui pola makanan gizi seimbang.

Menghindari kontak dekat dengan seseorang yang mengalami gejala infeksi saluran pernapasan. Menghindari kontak dengan hewan, menghindari mengunjungi peternakan dan pasar hewan hidup, ujar Rektor.
Selain itu, jelas Rektor, memakai masker bila memiliki gejala infeksi saluran nafas dan segera berobat ke fasilitas layanan kesehatan.

Menghindari bepergian ke negara yang terkena dampak Novel Corona Virus (China, Korea Selatan,Jepang Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, Nepal, India, Sri Langka, Kamboja, Filipina, Finlandia, Italia, Australia, Amerika Serikat, Kanada, Iran, Inggris, Belanda, Prancis, Belgia, Swedia, Spanyol, Uni Emirat Arab, Bahrain, Kuwait, dan Rusia).

Runtung mengatakan, bagi civitas akademika yang baru tiba dari perjalanan ke luar negeri khususnya dari negara-negara tersebut agar membatasi interaksi dengan civitas akademika USU dan keluarga selama 14 hari sejak tiba di Indonesia.Jika dalam kurun waktu tersebut mengalami gejala demam, batuk, nyeri tenggorokan, sesak nafas (gejala infeksi saluran nafas) harap segera memeriksakan diri ke Poliklinik Paru Rumah Sakit USU.

Selanjutnya, melaksanakan Siaga Novel Corona Virus (Covid-19) di setiap unit kerja melalui sosialisasi informasi terkait Covid-19, menyediakan fasilitas cuci tangan lengkap dengan sabun/hand sanitizer, menginstruksikan petugas kebersihan agar benda atau tempat yang sering terpegang tangan supaya lebih sering dibersihkan dengan menggunakan desinfektan, demikian Rektor USU.

Baca juga: Corona luar biasa, tapi tidak seberbahaya SARS-MERS-CoV

Baca juga: 69 ABK Diamond Princes batal dipindahkan ke Pulau Sebaru

Baca juga: Penimbun masker di Tanjung Duren seorang mahasiswi

Baca juga: Penimbun masker di Tanjung Duren seorang mahasiswi

 
Pewarta : Munawar Mandailing
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2020