Menurunnya TMA di Bendung Katulampa pada Senin pagi ini, karena di kawasan Puncak Bogor tidak turun hujan deras
Bogor (ANTARA) - Tinggi muka air di Bendung Katulampa Kota Bogor, Senin pagi sekitar pukul 07:00 WIB, turun menjadi 40 cm atau normal, dibandingkan pada Minggu (1/3) pukul 15:00 WIB yakni 70 cm atau Siaga IV.

Petugas Jaga Bendung Katulampa Kota Bogor, Achmad Aliyudin, di Kota Bogor, Senin, mengatakan, menurunnya TMA di Bendung Katulampa pada Senin pagi ini, karena di kawasan Puncak Bogor tidak turun hujan deras.

"Hanya hujan gerimis di sebagian Bogor pada Minggu malam," katanya.

Baca juga: TMA di Bendung Katulampa Bogor naik menjadi Siaga IV

Baca juga: TMA di Bendung Katulampa Bogor naik jadi 50 cm

Baca juga: Tinggi muka air di Bendung Katulampa Kota Bogor Siaga IV


Aliyudin menjelaskan, TMA yang mencapai 70 cm pada Minggu sore, kemudian turun menjadi 50 cm pada Minggu malam sekitar pukul 21:00 WIB. Kondisi relatif stabil hingga Senin pagi. Kemudian, pada Senin sekitar pukul 07:00 WIB, turun lagi menjadi 40 cm.

Sedangkan, cuaca di Kota Bogor pada Senin pagi ini, tampak mendung tipis. Berdasarkan data prakiraan cuaca di laman bmkg.go.id, diperkirakan, pada siang hingga sore ini akan turun hujan di kawasan Puncak Bogor yakni, Cipanas, Cisarua, Gadog Ciawi, Kota Bogor, Cibinong, dan Kota Depok.

Sebelumnya, TMA di Bendung Katulampa Kota Bogor pada Sabtu (29/), juga naik cukup signifikan dari kondisi normal 30 cm pada pukul 16:00 WIB, menjadi 60 cm atau siaga IV pada pukul 17:00 WIB akibat hujan deras yang turun di Kawasan Puncak Bogor pada Sabtu sore hingga malam.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020