Aksi penghijauan ini sebagai bentuk kepedulian alumni yang diharapkan dapat membuat keasrian wilayah Bukit Raya dan mendukung upaya peningkatan area tangkapan air di daerah itu dan penghijauan lingkungan sekitar
Kota Pekanbaru (ANTARA) - DPD Ikatan Keluarga Besar Alumni Universitas Bung Hatta Padang, Sumatera Barat yang berdomisili di Riau menghijaukan kawasan Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau dengan melakukan penanaman sebanyak 1.000 bibit pohon.

"Aksi penghijauan ini sebagai bentuk kepedulian alumni yang diharapkan dapat membuat keasrian wilayah Bukit Raya dan mendukung upaya peningkatan area tangkapan air di daerah itu dan penghijauan lingkungan sekitar," kata Camat Bukit Raya Wahyu Idris, di Pekanbaru, Jumat.

Menurut dia penghijauan yang menjadi bagian kepedulian para alumni diharapkan dapat memberikan aksi nyata lainnya yang serupa guna mendukung keasrian wilayah Kecamatan Bukit Raya dan dapat ditiru oleh para alumni lainnya yang berdomisili di Pekanbaru.

Sedangkan Lurah Air Dingin Jusembra Osni juga menyampaikan rasa syukurnya karena kelurahannya mendapat perhatian dalam aksi penanaman 1.000 pohon oleh alumni Universitas Bung Hatta yang tujuannya juga akan mampu membantu sejumlah warga di daerah ini dalam meningkatkan pendapatan mereka.

"Kelak jika sudah bisa panen, pohon-pohon yang berproduksi bisa dimanfaatkan warga untuk meningkatkan pendapatan mereka, yakni bisa menjual nangka, jengkol, durian, kayu mahoni, dan buah matoa bisa dijual ke pasar," katanya.

Sementara itu, Ketua DPD Ikatan Keluarga Besar Alumni Universitas Bung Hatta Riau Nurza Jefri Tanjung menyebutkan, kegiatan itu merupakan rangkaian bakti sosial alumni dan tentunya bekerjasama dengan dinas terkait untuk menggelar penanaman 1.000 bibit pohon.

Ia menjelaskan bibit pohon yang ditanam itu terdiri atas bibit pohon jengkol, pohon durian, pohon nangka, pohon mahoni dan bibit pohon matoa dan bibit tersebut sudah dibagikan kepada masyarakat agar mereka tanam, pelihara dirawat agar bisa berbuah dengan baik.

"Kami berharap kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat, sekaligus dapat memberikan tambahan pendapatan dengan berkebun pohon nangka, durina dan lainnya itu," katanya.

Ke depan diharapkan bisa bekerja sama dengan semua pihak, sebagai bagian dari kontribusi alumni bagi masyarakat sekitar apalagi kini jumlah alumni tersebar di seluruh wilayah di Riau mencapai 1.000 orang lebih, demikian Nurza Jefri Tanjung.

Baca juga: Riau siapkan dua juta bibit tanaman gratis

Baca juga: TNI AU tanam 6.419 pohon di Pekanbaru

Baca juga: Ikatan Alumni Universitas Bung Hatta Padang tolak pelemahan KPK

Pewarta: Frislidia
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020