Pimpin FPTI, Yenny Wahid siapkan program 100 dinding panjat

Pimpin FPTI, Yenny Wahid siapkan program 100 dinding panjat

Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman (kiri bawah), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali (kedua kiri bawah), Ketua Umum PP FPTI Yenny Wahid (tengah bawah), dan Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari (kedua kanan bawah) berfoto bersama Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (PP FPTI) periode 2019-2023 dalam acara pelantikan yang dilaksanakan di Jakarta, Selasa (25/2/2020). (ANTARA/Shofi Ayudiana)

Jakarta (ANTARA) - Politisi Yenny Wahid yang kini menjabat posisi Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) menyiapkan program 100 wall atau dinding panjat dalam kepengurusan masa bakti 2019-2023 sebagai upaya pencarian talenta dan calon atlet-atlet muda masa depan.

"Target kami membangun 100 wall di kepengurusan ini. (Program) ini bertujuan untuk memajukan gairah masyarakat karena kalau sudah difasilitasi akan lebih mudah untuk memanjat dan terasah kemampuannya," ujar Yenny usai pelantikan pengurus PP FPTI masa bakti 2019-2023 di Jakarta, Selasa.

Menurut Yenny yang juga merupakan Komisaris Independen PT Garuda Indonesia itu, program 100 dinding itu akan memudahkan proses pencarian bibit-bibit unggulan panjat tebing sejak usia dini sebelum nantinya direkrut sebagai atlet profesional.

Langkah yang akan dilakukan untuk mewujudkan program tersebut, Yenny mengatakan pihaknya akan melakukan kerja sama dengan sekolah-sekolah ataupun tempat-tempat komersial untuk membangun dinding panjat tebing.

Baca juga: Jabat Ketum FPTI, Yenny Wahid akan tingkatkan prestasi panjat tebing
Baca juga: FPTI siapkan 10 atlet terbaik bidik tiket Olimpiade 2020


Masih minim

Selain sebagai upaya penjaringan calon atlet, pembangunan tersebut juga dinilainya perlu segera dilakukan mengingat prasarana dan sarana panjat tebing di Indonesia saat ini masih minim dan terbatas.

Kondisi tersebut sekaligus menjadi tantangan tersendiri bagi Yenny yang baru terjun memimpin di dunia olahraga.

"(Tantangannya) sarana dan prasarana. Memang ini tidak mudah dan murah karena untuk memperbaharui prasarana membutuhkan investasi yang sangat mahal,"

"Jadi maka dari itu, saya katakan semangat yang diusung oleh pengurus baru adalah kapabilitas, akuntabilitas, transparansi dan semangat untuk betul-betul memajukan olahraga ini," ujarnya menegaskan.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang juga hadir dalam pelantikan tersebut berharap kehadiran Yenny Wahid di tubuh FPTI bisa memberi warna baru serta dapat meningkatkan pembinaan atlet panjat tebing Indonesia agar bisa lebih sering berprestasi di tingkat dunia.

"Semoga bisa melakukan pembinaan baik pembinaan usia dini dan memantau talenta terbaik kita serta membuat prestasi baik di tingkat Asia Tenggara maupun dunia. Jadi mohon dukungannya kepada Mbak Yenny," ujar Zainudin.

Hadir pula dalam pelantikan tersebut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, serta Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari.

Berikut susunan pengurus PP FPTI periode 2019-2023 yang dilantik KONI pada Selasa (25/2):

1. Ketua Umum: Zannuba A.C. Wahid
2. Wakil Ketua Umum I: Ferry Ardianto
3. Wakil Ketua Umum II: Adi Sulisto
4. Sekretaris Umum: Sapto Hardiono
5. Wakil Sekretaris: Jaka Hidayat, Sekar Jarot, Visna Vulovik, Zulhan Peliang, Widhi Sasongkoadi
6. Wakil Sekretaris bidang Organisasi: Dadang
7. Wakil Sekretaris bidang Hukum: Agus Koswara
8. Wakil Sekretaris Peralatan & Aset: Indra Hermawan
9. Wakil Sekretaris bidang humas: Teguh Supriyadi
10. Bendahara Umum: Kombes Pol. Hery Herawan
11. Wakil Bendahara I: Choirul Anam
12. Wakil Bendahara II: Fendi Wibowo
Pewarta : Shofi Ayudiana
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2020