Batam (ANTARA) - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengingatkan pentingnya kaderisasi untuk melahirkan kader-kader terbaik pada masa depan saat melantik pengurus DPW NasDem Kepulauan Riau periode 2020—2025.

"Saya menyambut baik, ini membuktikan kaderisasi NasDem di Kepri tidak pernah berhenti. NasDem harus tetap yang terbaik di Kepri," kata Surya Paloh di Batam, Kepulauan Riau, Ahad.

Surya optimistis Nasdem di Kepri akan menjadi partai yang besar di bawah kepemimpinan Muhammad Rudi sebagai Ketua DPW tingkat provinsi dan Ketua Dewan Pembina DPW Nyat Kadir.

Baca juga: Indonesia tak lagi negara berkembang, Surya Paloh ingatkan etos kerja

Baca juga: Surya Paloh dianugerahi gelar Datuk oleh Lembaga Adat Melayu


Ia menceritakan sejarah NasDem ketika pertama kali mengikuti Pemilu 2014 masih diremehkan dan diprediksi tidak lolos parliamentary threshold dengan perolehan 3 persen.

Namun, kata dia, NasDem mampu membuktikan kemampuannya dengan perolehan 6,8 persen dengan jumlah lebih dari 8,4 juta suara pemilih.

"Ternyata Partai NasDem lolos parliamentary threshold. NasDem mendapatkan 36 kursi DPR RI dan lebih 1.300 kursi DPRD provinsi dan kabupaten/kota," katanya.

Pada Pemilu 2019, Surya mengatakan bahwa prestasi NasDem meningkat dengan tambahan kepercayaan masyarakat menjadi 12,6 juta suara dengan 59 kursi di DPR RI.

Ia menyebutkan pentingnya peran kader andalan dan pilihan yang kemampuannya setara dengan 1.000 kader biasa.

"Saya hanya memerlukan cukup 1.000 kader andalan di Kepri dan saya pastikan di Kepri jadi pemenang pada Pemilu 2024," katanya menegaskan.

Sementara itu, Ketua DPW Partai NasDem Kepulauan Riau Muhammad Rudi menargetkan pada Pemilu 2024 perolehan suara NasDem meningkat tiga kali lipat dari 2019.

"Pada 2019, kami belum bisa memenuhi janji kepada Pak Paloh. Di DPRD Provinsi Kepri ada 244 kursi, NasDem dapat 32 kursi. Suara sekitar 15—16 persen. Pemilu 2024, kami target tiga kali lipat," kata Wali Kota Batam itu.

Baca juga: Surya Paloh janji perjuangkan perpanjangan Otsus Aceh

Jajaran pimpinan DPW NasDem Kepulauan Riau periode 2020—2025, antara lain Muhammad Rudi (Ketua DPW), Nyat Kadir (Ketua Dewan Pembina), Tengku Jayadi Noor (Ketua Dewan Pakar), dan Muhammad Kamaluddin (Sekretaris).

Selain pelantikan pengurus DPW Kepulauan Riau, bersamaan juga dikukuhkan tujuh pengurus DPD Partai NasDem di provinsi tersebut secara serentak.

Ketujuh DPD yang dikukuhkan, yakni Kota Tanjung Pinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Lingga, Kabupaten Kepulauan Anambas, dan Kabupaten Natuna.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020