17 WNI asal Sulsel dari Natuna tiba besok di Makassar

17 WNI asal Sulsel dari Natuna tiba besok di Makassar

Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, Hubei, China bersiap melakukan senam bersama prajurit TNI pada hari ketigabelas di Hanggar Pangkalan Udara TNI AU Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Jumat (14/2/2020). ANTARA/Muhammad Adimaja/foc.

Makassar (ANTARA) - Warga Negara Indonesia (WNI) di Natuna telah dijadwalkan akan dipulangkan hari ini (15/02) termasuk WNI asal Sulawesi Selatan. Sementara 17 orang warga Sulsel baru tiba di Makassar pada pukul 02.00 Minggu dini hari (16/02).

"Mereka akan 'take off' dari Bandara Soekarno Hatta pukul 22.15 dengan pesawat Citylink dan diperkirakan tiba di Bandara Sultan Hasanuddin pada pukul 02.00 Minggu dini hari," kata Kepala Badan Penghubung Wilayah Sulsel, Ezra Silalahi via telepon dari Makassar, Sabtu.

Ezra menyebutkan 238 WNI di Natuna akan 'take off' dari Natuna pukul 13.00 WIB dengan pesawat TNI Angkatan Udara dan dijadwalkan tiba pukul 16.00 WIB di Bandara Internasional Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur.

Baca juga: WNI dari Wuhan dilepas dengan acara adat Melayu
Baca juga: Menkes dan Kepala BNPB berangkat ke Natuna jemput WNI dari Wuhan


Upacara serah terima ratusan WNI itu akan dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), selanjutnya Kemendagri menyerahkan kepada pemerintah provinsi masing-masing.

"Kemendagri akan menyerahkan warga dari Natuna ke pemda setempat, jadi dari Badan Penghubung Sulsel yang berkedudukan di Jakarta yang akan menerima warga Sulsel," ungkapnya.

Berdasarkan data Badan Penghubung Sulsel, terdapat 18 warga Sulsel yang telah mendapat observasi ketat di Natuna. Namun hanya 17 orang yang akan pulang dan satu orang lainnya masih tinggal di Jakarta.

"Dia katanya masih ada tugas yang harus diselesaikan di Jakarta. Kemungkinan ada keluarganya juga di sana yang sudah menunggu. Jadi baru balik Makassar dua hari setelahnya," terang Ezra.

Baca juga: Istana sampaikan terima kasih kepada masyarakat Natuna
Baca juga: Natuna bangga jadi tempat observasi WNI dari Wuhan


Usai serah terima, selanjutnya 17 orang yang merupakan mahasiswa tersebut akan dibawa ke Bandara Soekarno Hatta untuk dipulangkan ke Makassar, Sulawesi Selatan. Mereka terdiri dari seorang pria dan selebihnya perempuan

"Jadi kami sudah informasikan juga ke keluarganya untuk datang langsung menjemput mereka. Tanpa ada seremonial penyambutan," tandasnya.

Adapun asal 18 orang WNI Sulsel yang telah diobservasi di Pulau Natuna, Provinsi Riau terkait virus COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) yaitu Kota Makassar 8 orang, Kabupaten Bukukumba 3 orang, Tana Toraja 3 orang, Luwu Timur 1 orang, Luwu Utara 1 orang, Gowa 1 orang dan Pinrang 1 orang.

Baca juga: Presiden minta masyarakat terima WNI setelah observasi di Natuna
Baca juga: Kemenkes pastikan WNI dari Natuna sehat untuk kembali ke masyarakat

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020