Kami segera bentuk tim untuk meninjau lebih jauh rencana kerja samanya
Makassar (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) berencana melakukan kerja sama pengembangan pariwisata dan ekspor hasil kelautan dan perikanan dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang di Kantor Pusat Pelindo IV Makassar, Jumat, menerima kunjungan Komisi III DPRD Kabupaten Kepulauan Selayar yang diketuai Asmawar Syamsu. 

Baca juga: Pelindo IV Makassar perkenalkan kapal angkut sampah laut


Hadir juga dalam pertemuan itu Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Perindagkum) Kabupaten Kepulauan Selayar, Hizbullah dan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Selayar, Odding Karim di Kantor Pusat Pelindo IV Makassar.

Farid mengatakan pemerintah melalui Kementerian Pariwisata menargetkan kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara pada 2020 dengan penetapan lokasi pariwisata baru, yang empat di antaranya berada di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Upaya mencapai target itu juga dilakukan dengan melakukan pengembangan pelabuhan untuk pariwisata.

Empat destinasi baru tersebut adalah Takabonerate di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Selanjutnya Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Morotai di Maluku Utara dan Raja Ampat di Papua Barat.

Baca juga: PT Pelindo IV sambut penjajakan perusahaan Jepang di Makassar


Menurut Farid, Pelabuhan Selayar juga sudah mendapat penetapan pariwisata oleh pemerintah, yang bisa dikerjasamakan dengan Pelindo IV.

“Bahkan direncanakan barang kebutuhan yang dari Ibu Kota Negara (IKN) baru akan melalui Pelabuhan Selayar dulu baru menuju pelabuhan tujuan, seperti yang diterapkan di Pelabuhan Baubau saat ini.”

Lebih jauh Farid menjelaskan peluang terbesar yang akan dikerjasamakan antara Pelindo IV dengan Pemkab Selayar adalah sektor pariwisata dan ekspor hasil kelautan dan perikanan.

“Hanya tinggal menunggu waktu saja. Kami segera bentuk tim untuk meninjau lebih jauh rencana kerja samanya,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kepulauan Selayar, Miswar Wahyudi Nasir Leha menyatakan ada beberapa hal yang bisa menjadi peluang kerja sama antara Pelindo IV dengan Pemkab Selayar.

Apalagi, Kabupaten Kepulauan Selayar memiliki dua sektor unggulan yakni sektor kelautan dan perikanan dan sektor pariwisata.

Baca juga: Pelindo IV siapkan konsolidasi kargo dukung pelayaran langsung

 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020