Meulaboh (ANTARA) - Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Amril Nuthihar mengimbau kepada seluruh masyarakat di daerah itu agar mewaspadai beredarnya akun media sosial Facebook diduga palsu mengatasnamakan Bupati Aceh Barat H Ramli MS.

“Akun media sosial Facebook yang mengatasnamakan Bupati Aceh Barat Haji Ramli MS diduga palsu mengatasnamakan Haji Ramli Mansur, masyarakat kami imbau agar berhati-hati dan waspada,” kata Amril Nuthihar, Kamis (6/2) malam di Meulaboh.

Menurutnya, modus pelaku yang belum diketahui identitasnya tersebut menggunakan akun sosial media yang memasang foto Bupati Aceh Barat H Ramli MS ini meminta pertemanan dan lalu meminta mengirimkan nomor handphone melalui aplikasi pesan (messenger).

Dengan beredarnya akun palsu ini, kata dia, tentunya sangat merugikan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, karena dikhawatirkan akan disalahgunakan oleh pihak tertentu untuk merugikan pimpinan daerah, dan dikhawatirkan berpotensi terjadi pelanggaran hukum.

Pemkab Aceh Barat juga mengultimatum pengelola akun palsu tersebut agar segera menghentikan aktivitas melalui akun sosial media tersebut, dan apabila masih terus dikelola dan diaktifkan maka pemerintah daerah akan mengambil tindakan tegas sesuai aturan hukum yang berlaku.

“Kami minta kepada siapa pun pihak yang menggunakan akun palsu di Facebook atasnama Bupati Aceh Barat atau Haji Ramli Mansur, agar segera menghapusnya. Apabila masih dilakukan, kami akan menempuh jalur hukum,” kata Amril Nuthihar.
Akun sosial media Facebook diduga palsu mengatasnamakan Bupati Aceh Barat Haji Ramli Mansur, Kamis (6/2/2020). (ANTARA/HO-Dok. Pemkab Aceh Barat)

Sementara itu, Adi Liswi Bubon warga Aceh Barat yang merasa dirugikan dengan akun diduga palsu tersebut mengatakan bahwa awalnya dia heran akun Facebook Bupati Aceh Barat, atasnama Haji Ramli Mansur palsu mengajak pertemanan di sosial media.

"Saya heran akun palsu Haji Ramli Mansur mengajak berteman di Facebook, padahal saya telah berteman dengan akun Haji Ramli Mansur yang asli telah lama, ini malah kembali diajak kembali berteman,” katanya.

Ia pun kemudian menanyakan kepada teman-temannya yang lain dan ternyata banyak juga kawan-kawan yang di ajak berteman oleh akun FB Palsu tersebut.

“Harapan saya, pihak berwajib untuk segera mengungkap dan menangkap akun palsu tersebut sehingga nantinya tidak ada pihak yang dirugikan,” harapnya.

Baca juga: Akun twitter Kiai Maruf Amin dipastikan palsu

Baca juga: Rachel Maryam laporkan pemalsuan akun Twitter


 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020