Jakarta (ANTARA) - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menetapkan 11 calon Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) yang dinyatakan lulus tahap I atau seleksi administrasi yang dimulai sejak Rabu (15/1).

Ketua Panitia Seleksi sekaligus Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam pernyataan di Jakarta, Jumat, mengatakan 11 calon ini berhak mengikuti seleksi tahap II yaitu penilaian terhadap makalah, rekam jejak dan integritas, prestasi kerja dan kompetensi.

Penilaian kompetensi pada seleksi tahap II tersebut akan dilaksanakan melalui assessment center dan dilakukan pada Selasa (4/2).

Sebanyak 11 calon Kepala BKF yang lulus antara lain Adriyanto (Kemenkeu), Febrio Nathan Kacaribu (FEB Universitas Indonesia), Ferry Irawan (Kemenko Perekonomian) dan Gunawan Pribadi (Kemenko Perekonomian).

Kemudian, Hadi Supratikta (Kemendagri), Maliki (Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas), Mekar Satria Utama (Kemenkeu) dan Moekti Prasetiani Soejachmoen (Danareksa Research Institute).

Selain itu, Muhdi (Kementerian Keuangan), Muliadi Widjaja (FEB Universitas Indonesia) dan Puspita Wulandari (BPJS Ketenagakerjaan).

Sebelumnya, Kementerian Keuangan melakukan seleksi terbuka untuk pengisian jabatan Kepala BKF bagi pegawai negeri sipil (PNS) pusat dan daerah serta non-PNS yang memenuhi syarat.

Persyaratan umum dalam seleksi ini adalah memiliki kualifikasi pendidikan minimal sarjana atau diploma IV (diutamakan minimal pascasarjana) serta kompetensi teknis, manajerial maupun sosial kultural yang dibutuhkan dan berusia 58 tahun pada 1 Maret 2020.

Selain itu, mempunyai pengalaman kerja dalam bidang fiskal, keuangan dan ekonomi makro secara kumulatif paling singkat selama tujuh tahun bagi PNS dan 10 tahun bagi non-PNS serta memiliki rekam jejak jabatan, integritas dan moralitas yang baik.

Khusus bagi PNS, persyaratan yang wajib dimiliki adalah sedang atau pernah menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama atau setara eselon II atau jabatan fungsional jenjang ahli utama minimal selama dua tahun.

Saat ini, posisi Kepala BKF sedang lowong, dan dijabat sementara oleh Arif Baharudin sebagai Pelaksana Tugas, karena Suahasil Nazara terpilih sebagai Wakil Menteri Keuangan pada Oktober 2019.

Anggota Dewan Ekonomi Nasional itu terpilih sebagai Pelaksana Tugas Kepala BKF usai mengikuti seleksi terbuka pada akhir 2014.

Dalam seleksi itu, Suahasil yang diangkat sebagai pejabat definitif Kepala BKF pada 31 Oktober 2016, menyisihkan Andin Hadiyanto dan Djoko Hendratto.

Baca juga: Kemenkeu lakukan seleksi terbuka untuk isi jabatan Kepala BKF

 

Pewarta: Satyagraha
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020