Jakarta (ANTARA) - Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Susy Susanti mengimbau tim bulu tangkis putra tidak boleh menganggap enteng lawan di Grup A,  yaitu India dan tim tuan rumah Filipina, serta mewaspadai setiap potensi ancaman dari pemain yang punya kualitas baik.

Berdasarkan hasil undian kejuaraan beregu Badminton Asia Team Championships 2020 (BATC), tim putra Indonesia berada di grup A bersama India dan Filipina.

Menghadapi tim India, kekuatan Indonesia di atas kertas memang lebih baik, namun mereka punya kekuatan yang cukup berbahaya, termasuk satu ganda putra yang performanya tengah meningkat. Sedangkan dengan Filipina, kekuatan Indonesia masih di atas tim tuan rumah tersebut.

Baca juga: Hasil undian tim Indonesia di BAT Championships 2020

"Saya rasa peluang tim putra cukup besar, yang penting jangan sampai lengah, karena secara kekuatan kami cukup solid di tunggal dan ganda putra. Tapi tetap saja tidak boleh menyepelekan, kami tetap harus konsentrasi dan fokus di satu demi satu pertandingan. Jaga konsentrasi dan kondisi, jangan sampai ada yang sakit," ujar Susy dalam sumber tertulis PP PBSI di Jakarta, Kamis.

Pada turnamen ini, Indonesia merupakan juara bertahan dan menempati urutan teratas dalam daftar unggulan, diikuti Jepang, China, Taiwan, dan India.

Baca juga: PBSI umumkan skuat Indonesia di Badminton Asia Team Championships 2020

Tim tunggal putra India diperkuat Kidambi Srikanth, Sai Praneeth, Prannoy H.S, bahkan nama pemain muda Lakshya Sen juga masuk dalam tim. Di ganda putra, India mengandalkan pasangan Chirag Shetty/Satwiksairaj Rankireddy.

Tim putra Indonesia tampil dengan kekuatan penuh. Di tunggal putra ada Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito dan Firman Abdul Kholik. Tiga ganda putra terbaik juga menjadi senjata Indonesia, mereka adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan serta Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

"Ganda putra India memang bagus ya, namun kami percaya ganda putra kami masih bisa mengatasi, asalkan jangan lengah, jangan kasih kesempatan kepada lawan untuk berkembang," katanya.

Baca juga: Susi: Badminton Asia Mixed pengalaman bagus untuk pemain muda

"India kekuatan utamanya di tunggal, kekuatannya cukup merata. Ada Srikanth, Prannoy, secara kekuatan imbang dengan pemain kami. Tapi belakangan ini Jonatan dan Anthony sudah lebih percaya diri karena mereka sudah lebih stabil penampilannya, mudah-mudahan konsistensi ini bisa tetap dijaga," tutur Susy.

Sementara itu, tim putri Indonesia ada di grup Y bersama Thailand dan Filipina. Berikut hasil undian kejuaraan Badminton Asia Team Championships 2020:

Putra:
Grup A
Indonesia, India, Filipina

Grup B
China, Thailand, Hong Kong

Grup C
Taiwan, Malaysia, Singapura

Grup D
Jepang, Korea, Kazakhstan

Putri:
Grup W
Jepang, Malaysia, Hong Kong

Grup X
Korea, India, Kazakhstan

Grup Y
Thailand, Indonesia, Filipina

Grup Z
China, Taiwan, Singapura

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020