Pasokan listrik menjadi bagian dari kunci utama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan Labuan Bajo dan sekitarnya
Kupang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Timur memperkuat sistem kelistrikan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, dengan tiga pembangkit untuk mendukung keandalan pasokan listrik di daerah wisata super premium itu.

"Ketiga pembangkit untuk memperkuat kelistrikan di Labuan Bajo adalah PLTMG Ranko berkapasitas 20 mega watt,
PLTP Ulumbu serta PLTD," kata General Manager PT PLN (Persero) UIW NTT, Ignatius Rendroyoko di Kupang, Selasa.

Baca juga: Jokowi persiapkan Labuan Bajo jadi destinasi wisata super premium


Khusus untuk pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD), lanjut dia, hanya disiagakan untuk memberikan pasokan apabila terjadi gangguan pasokan tenaga listrik pada pembangkit di Rangko dan Ulumbu.

Dia mengatakan Labuan Bajo yang terkenal memiliki destinasi wisata satwa purba komodo (varanus komodoensis) telah ditetapkan pemerintah sebagai destinasi wisata super premium, karena itu pihaknya harus menyediakan tenaga listrik yang cukup dan andal.

"Pasokan listrik menjadi bagian dari kunci utama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan Labuan Bajo dan sekitarnya," katanya.

Baca juga: Presiden: Masyarakat lokal harus nikmati pengembangan Labuan Bajo


Menurut dia, pengamanan pasokan listrik di Labuan Bajo sejauh ini berjalan lancar dan cukup memadai terutama pada titik-titik penting di antaranya perhotelan, perkantoran, bandara, pelabuhan dan lokasi wisata.

Dia mencontohkan pengamanan listrik di Bandara Komodo dengan penyulang sebesar 856 kVa, Pelabuhan Waeklambu dengan pasokan utama ganset 100 kVA, lokasi wisata Bukit Waringin dengan genset 3500 VA, serta penyulang lainnya untuk mengamankan pasokan listrik di perhotelan dan perkantoran.

Pengamanan listrik ini, lanjut dia, seperti juga yang dilakukan untuk mendukung kegiatan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Labuan Bajo pada Minggu (19/1).

Baca juga: Pasokan listrik Labuan Bajo sudah siap dukung investasi
​​​​​​​


"Pasokan listrik untuk semua titik-titik penting di Labuan Bajo sudah lancar dan ke depan tentu kami terus perkuat dengan membangun infrastruktur kelistrikan lainnya," katanya.

Dia menambahkan PLN harus bisa membangun infrastruktur kelistrikan dengan kapasitas dan kontinuitas yang prima dan mengoperasikan layanan ketenagalistrikan yang andal di kawasan wisata super premium itu.

Baca juga: PLTMG 20 MW di Labuan Bajo siap beroperasi

 

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020