para wisatawan bisa belajar membatik, atau membuat topeng, dan lainnya
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Para seniman yang tergabung dalam Komunitas Lintas Seni Budaya mengharapkan keberadaan Pasar Seni Bareng mampu menjadi daya tarik dan destinasi wisata baru bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang, Jawa Timur.

Ketua Komunitas Lintas Seni Budaya Kota Malang Djoko Rendy mengatakan, keberadaan Pasar Seni Bareng yang merupakan wadah berekspresi para seniman Kota Malang itu, bisa menjadi destinasi wisata baru bagi wisatawan yang tertarik pada seni dan budaya.

"Harapan kami, Pasar Bareng ini bisa menjadi destinasi baru di Kota Malang, selain menjadi wadah teman-teman untuk berekspresi, dan mendorong sektor ekonomi kreatif," kata Djoko, di Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu.

Pasar Seni Bareng merupakan salah satu wadah bagi para seniman yang ada di Kota Malang. Di lantai tiga Pasar Seni Bareng, diisi dengan kios-kios yang menghadirkan berbagai hasil kesenian khas Malang, mulai dari lukisan, topeng, termasuk benda-benda yang memiliki nilai sejarah.

Djoko menjelaskan, dalam upaya untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Pasar seni Bareng tersebut, para seniman yang ada telah menyiapkan berbagai program untuk para wisatawan, seperti edukasi seni.

"Kami juga menyiapkan program yang menarik seperti edukasi. Jadi para wisatawan bisa belajar membatik, atau membuat topeng, dan lainnya," kata Djoko.

Untuk ke depannya, lanjut Djoko, nantinya di Pasar Seni Bareng tersebut juga akan dibuka Café Budaya, yang menjadi wadah untuk bertukar informasi, komunikasi, bagi para seniman yang ada di wilayah Kota Malang.

Selain itu, Pasar Seni Bareng juga diharapkan bisa memiliki Museum Karya Seni Arek-Arek Malang, yang menjadi wadah untuk memamerkan hasil kesenian para seniman Kota Malang.

"Ini merupakan upaya kami untuk merawat tradisi dan budaya dari Kota Malang, namun perlu upaya dari semua pihak, bukan hanya para seniman," tutup Djoko.




Baca juga: Pemerintah Kota Malang siapkan pembenahan Pasar Seni Bareng
Baca juga: Pasar Sukawati Bali diharapkan jadi kekuatan ekonomi kerakyatan
Baca juga: Berburu kuliner tradisional di pasar seni rakyat Huntu Selatan
Baca juga: Pasar Seni Magelang wadah penjualan produk UMKM


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020