Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan bahwa tidak ada zona megathrust di Selat Makassar seperti viral disebutkan beberapa waktu terakhir yang mampu memicu gempa maha dahsyat.

"Tentu saja informasi ini tidak benar. Di selat Makassar tidak ada aktivitas penunjaman lempeng (pate subduction) tetapi yang ada adalah sumber gempa Makassar Strait Thrust yang artinya sesar naik Selat Makassar," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono di Jakarta, Sabtu.

Daryono menjelaskan, megathrust adalah istilah untuk menyebut sumber gempa di zona penunjaman lempeng, tepatnya lajur subduksi landai dan dangkal.

Wilayah Pulau Sulawesi merupakan kawasan seismik aktif dan kompleks. Disebut seismik aktif karena wilayah ini memiliki tingkat aktivitas gempa yang tinggi. Disebut kompleks karena memiliki banyak sebaran sumber gempa dengan berbagai mekanisme.

Baca juga: BMKG: Pembahasan sesar aktif gempa sudah saatnya sering dilakukan

Dalam buku Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesia tahun 2017 yang diterbitkan oleh Pusat Studi gempa Nasional (Pusgen), wilayah Pulau Sulawesi memiliki 48 struktur sesar aktif dan satu zona Megathrust Sulawesi Utara.

Di Sulawesi, zona megathrust ini berhadapan dengan wilayah pesisir pantai utara Sulawesi Utara, Gorontalo, dan sebagian Sulawesi Tengah bagian utara. Megathrust Sulawesi Utara merupakan sumber gempa yang berpotensi memicu gempa kuat.

Catatan sejarah gempa dan tsunami menunjukkan bahwa di Pulau Sulawesi dan sekitarnya sejak tahun 1800 sudah terjadi lebih dari 69 kali gempa merusak dan tsunami.

Peristiwa gempa merusak terjadi lebih dari 45 kali dan tsunami lebih dari 24 kali. Sebagian besar gempa dan tsunami di Sulawesi dipicu oleh aktivitas sesar aktif, bukan aktivitas zona megathrust.

Dari sebanyak 24 kali tsunami di Sulawesi yang dipicu oleh Megathrust Sulawesi Utara hanya empat kali kejadian yaitu Tsunami Utara Gorontalo 25 Agustus 1871 tanpa ada korban jiwa, Tsunami Tolitoli 2 Februari1904 tidak ada korban jiwa, Tsunami Kwandang-Manado 29 Januari 1920 tidak ada korban jiwa dan Tsunami Tolitoli 1 Januari 1996 yang menyebabkan sembilan orang meninggal.

"Sulawesi memang rawan gempa, mengingat wilayahnya banyak terdapat sumber gempa. Namun demikian potensi gempa harus disampaikan kepada masyarakat apa adanya sesuai fakta tidak berlebihan hingga menimbulkan kecemasan masyarakat," tambah dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, adanya potensi gempa dan tsunami di Sulawesi tidak perlu membuat masyarakat kecil hati dan khawatir berlebihan. Semua informasi terkait potensi gempa dan tsunami harus direspon dengan langkah nyata dengan upaya memperkuat mitigasi guna meminimalkan dampak.

"Meskipun tinggal di daerah rawan gempa, kita tetap dapat hidup dengan aman dan nyaman karena yang paling penting dan harus dibangun adalah mitigasi, kesiapsiagaan, kapasitas stakeholder dan masyarakat, serta menyiapkan infrastruktur yang tahan gempa," tambah dia.

Nagara-negara seperti Amerika Serikat, Jepang, Cina, dan Selandia Baru adalah contoh negara rawan gempa dengan sumber gempa yang aktif dan kompleks. Tetapi mereka berusaha memitigasinya hingga menjadi negara maju dan terus berkembang.

Baca juga: BMKG: Kerentanan gempa di Indonesia harus diterima

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020