Bryan Cesar dan Irsan Lestaluhu Tetap di Persiba

Bryan Cesar dan Irsan Lestaluhu Tetap di Persiba

Bryan Cesar Ramadan di kotak penalti lawan dalam laga Persiba di Stadion Batakan musim 2019. (novi abdi/Antara)

Balikpapan, (ANTARA) - Ramai ditanyakan Balikpapan Suporter Fanatik (Balistik) dan fans lainnya di jagat media sosial, akhirnya Bryan Cesar dipastikan kembali membela tim tanah kelahirannya untuk musim sepakbola Liga 2 2020.

“Ya, Bryan Cesar bertahan,” kata Manajer Persiba Ryanezard, Kamis. Pemain berinisial BC itu akan membela Persiba setahun lagi.

Tidak hanya itu, manajemen juga berhasil mendapatkan kembali Irsan Lestaluhu, bek muda yang piawai mengeksekusi bola-bola mati menjadi gol ala Lionel Messi di Barcelona.

Baca juga: Persiba Terus Berburu Pemain

Dengan demikian BC menjadi pemain ke-13 dan Irsan Lestaluhu ke-14 dari skuat musim lalu yang diperpanjang kontraknya oleh manajemen. Sebelumnya, akhir pekan lalu, manajemen Persiba sudah memperpanjang kontrak 12 pemain dari musim 2019.

Mereka adalah kiper Riki Pambudi, bek Imam Mahmudi, Ngurah Nanak, Adam Maulana, Irvan Febrianto, kemudian gelandang Andre Dio Milandar, Yusuf Effendi, Septinus Alua, Muhammad Rasul, dan anak muda Reza Alfin Zidane, serta penyerang Aji Kusuma dan Indra Setiawan.

BC adalah gelandang bertahan dan kuat dalam penguasaan bola. Dalam skema main bersama Pelatih Salahuddin, BC kerap tak dapat tempat karena Salahuddin gemar bermain ala tim-tim Inggris dengan sepak bola langsung. Ada bola maka serangan langsung dilancarkan dan bola dikirim ke depan.

Baru ketika pelatih berganti ke tangan Satia Bagdja yang percaya pada penguasaan bola sebagai kunci kemenangan, BC kembali ke lapangan tengah.

“Seandainya Alua kemarin itu tidak kena sanksi, lini tengah Persiba bisa jadi sangat kuat. Bersama BC dia bisa mengatur irama permainan, mengawali serangan atau mengkoordinasikan pertahanan,” kata Abraham Johan, jurnalis olahraga senior Balikpapan.

Septinus Alua yang baru direkrut sebagai pemain pinjaman dari PSIS Semarang pada saat jeda kompetisi 2019, membuat permainan Persiba lebih tenang dan lebih cerdik. Namun karena insiden dengan wasit saat laga tandang, Alua dijatuhi hukuman larangan main hingga 6 bulan, yang artinya dia tak bisa main hingga akhir kompetisi.

Baca juga: Penyerang Persiba Balikpapan jalani tes medis di Persib Bandung

“Jadi menarik menunggu kiprah BC lagi bersama Alua musim 2020 ini,” kata Johan.

Irsan Lestaluhi dipinjam Persiba dari klub Liga 1 Madura United sejak paruh kedua kompetisi Liga 2. Sebelumnya di separuh musim pertama, Irsan dipinjamkan Madura untuk PSS Sleman. Begitu jeda kompetisi, Irsan langsung dipinang Persiba yang memerlukan penguatan di sektor belakang.

“Sebab itu kita perlu waktu lebih sedikit untuk mendatangkan Irsan kembali,” kata Ryanezard.

Persiba dijadwalkan menggelar pemusatan latihan di Jakarta mulai awal Februari mendatang. Pelatih Alfredo Vera dan asisten pelatih Erol Iba bersama para pemain yang baru dikontrak musim ini berkumpul di akhir Januari.

Manajemen Beruang Madu juga sudah mengontrak pemain-pemain baru kiper Fredi J Isir, gelandang Yudistira Mambrasar, kiper Rifad Ikhwanuddin, gelandang Eddy Gunawan, Eljo Ernesto Iba dan Nevy Alexander Duaramuri.

irsan Lestaluhu (dua dari kiri) merayakan gol yang dicetaknya dari tendangan bebas tidak langsung dalam laga Persiba di Stadion Batakan musim 2019. (novi abdi/Antara)
Pewarta : Novi Abdi
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020