Ini untuk mengantisipasi lonjakan penumpang
Palembang (ANTARA) - Pengelola Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang meningkatkan keamanan menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

General Manager Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang Fahroji di Palembang, Minggu, mengatakan otoritas bandara telah menambah personel keamanan bekerja sama dengan instansi terkait yang tergabung dalam Satgas Nataru (Natal dan Tahun Baru).

“Ini untuk mengantisipasi lonjakan penumpang,” kata dia.

Ia mengatakan satgas itu bekerja mulai dari memeriksa kendaraan yang masuk ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II hingga bagasi keberangkatan dan kedatangan.

"Kami juga berkolaborasi dengan Polri termasuk penggunaan anjing pelacak juga turut diterjunkan untuk pengamanan menyeluruh," ujar dia.

Fahroji mengatakan otoritas bandara wilayah VI juga telah melakukan audit terkait keamanan, fasilitas bandara hingga kelayakan angkutan udara untuk memastikan kesiapan jelang lonjakan penumpang yang diprediksi terjadi sejak H-3 ini.

"Semua fasilitas telah diaudit dan kami sendiri juga melakukan optimalisasi dan ramp check terkait peralatan di apron sesuai dengan standar atau tidak. Hasilnya Alhamdulillah beroperasi dengan baik," ujar dia.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pihaknya juga telah menambah jumlah kapasitas kursi untuk mengkondisikan apabila ada penumpukan penumpang mengingat prediksi peningkatan penumpang berkisar lima persen.

Sementara itu, jam operasional Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II akan tetap seperti biasa mulai dari pukul 05.00 hingga 24.00 dini hari.

“Dengan kapasitas bandara mencapai 3,4 juta penumpang per tahun dan kapasitas apron 14 parkir standing, mudah-mudahan bisa kami manage selama operasional Natal dan Tahun Baru," kata dia.

Baca juga: Garuda Indonesia buka rute baru Ambon-Denpasar

Baca juga: Bandara SMB II Palembang tambah fasilitas layanan penumpang

 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019