5.700 personel gabungan amankan Natal di Sulawesi Selatan

5.700 personel gabungan amankan Natal di Sulawesi Selatan

Ilustrasi polisi bersenjata berjaga di gereja dalam misi pengamanan Natal dan Tahun Batu. ANTARA FOTO/Aji Styawan

Makassar (ANTARA) - Polda Sulawesi Selatan menurunkan 5.700 personel gabungan untuk pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 yang disebar di sejumlah objek vital di 24 kabupaten/kota di Sulsel.

"Dari jumlah itu sebanyak 3.000 lebih personel polisi dan sisanya dari unsur TNI, Satpol PP, SAR dan Basarnas serta ormas-ormas di lapangan," kata Kapolda Sulawesi Selatan, Inspektur Jenderal Polisi Mas Guntur Laupe, di sela gelar pasukan pengamanan Natal 2019 dan Tahun baru 2020 di Lapangan Karebosi, Makassar, Kamis.

Baca juga: 600 personel gabungan amankan Natal-Tahun Baru di Timika

Ia mengatakan, personel pengamanan itu di tempatkan di 12 titik rawan objek vital di antaranya rumah ibadah, pasar, mal, tempat rekreasi dan kantor-kantor pemerintah. Pengamanan dimulai pada 23 Desember hingga 1 Januari 2020.

Mengenai penempatan personel gabungan itu, lanjut dia, ditempatkan di 57 pos dan pelayanan melekat yang tersebar di 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

Baca juga: 1.100 Personel gabungan siap amankan Natal dan Tahun Baru di Jember

"Khusus pada malam Natal dan Tahun Baru diaktifkan pemantauan dan pengamanan di rumah ibadah," katanya sembari mengimbuhkan, pihaknya menurunkan anjing pleacak untuk mengantisipasi ataupun mendeteksi oknum yang diduga akan mengacaukan suasana kondusif di lapangan.

Sementara itu, Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, Mayor Jenderal TNI Surawahadi, mengatakan, pihaknya akan membantu polisi dalam menjaga keamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 dengan menggelar patroli bersama.

"Tentu kita tidak akan berjalan sendiri, tetapi bersama-sama melakukan patroli di lapangan," katanya.

Baca juga: Polres Jayapura siagakan 500 personel amankan Natal dan tahun baru
Pewarta : Suriani Mappong
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2019