Jelang Natal harga tiket pesawat di Manokwari melambung

Jelang Natal harga tiket pesawat di Manokwari melambung

Pesawat Sriwijaya Air di Bandara Rendani Manokwari.(Antara/Toyib)

Manokwari (ANTARA) - Menjelang Natal dan libur panjang akhir tahun 2019, harga tiket pesawat dari Manokwari menuju sejumlah daerah di Indonesia melambung tinggi.

Pantauan jasa penjualan online pada Selasa, harga tiket tertinggi terjadi untuk penerbangan Manokwari-Surabaya pada 20 Desember 2019 yang sempat tembus di kisaran Rp10,7 juta hingga Rp18,4 juta per kursi.

Asisten II Bidang Kesejahteraan dan Pembangunan Setda Papua Barat Melkias Werinussa, di Manokwari, Selasa, mengutarakan pemerintah provinsi maupun kabupaten tidak bisa mengendalikan harga tiket.

"Tidak hanya masyarakat, pemerintah daerah pun cukup mengalami dampak atas kenaikan tiket ini. Situasi seperti ini tentu membuat semua pihak terutama pengguna jasa penerbangan terkejut," kata Melkias.
Baca juga: Harga tiket pesawat mahal berdampak pada kunjungan wisman ke Papua

Menurutnya, hal yang perlu diantisipasi kenaikan tiket penerbangan ini akan membawa dampak negatif terhadap laju inflasi di daerah tersebut.

"Sudah pasti akan berdampak, terutama di Manokwari. Data tahunan Manokwari, inflasinya sudah tembus 5 persen dari tahun 2018 ke 2019 dan ini sangat besar," kata dia.

Untuk menjaga stabilitas harga tiket pesawat di daerah tersebut, lanjut Melkias, Gubernur Dominggus Mandacan sudah beberapa kali melayangkan surat ke sejumlah maskapai agar segera masuk. Gubernur menginginkan harga tiket transportasi udara di daerah ini lebih kompetitif.

"Selain itu, yang terus didorong saat ini adalah perbaikan fasilitas di Bandar Udara Rendani Manokwari. Runway harus segera diperpanjang dan pemerintah pusat melalui Ditjen Perhubungan udara siap melakukan itu," ujarnya lagi.

Pemkab Manokwari, lanjut Werinussa, sedang berupaya menuntaskan proses pembebasan lahan. Begitu pula pemprov saat ini sedang mengejar penyelesaian atas pembangunan box cover di lokasi perpanjangan landasan pacu.

"Pengembangan fasilitas ini bertujuan untuk meningkatkan standar keamanan serta keselamatan. Pada sisi lain, kami berharap pesawat berbadan besar bisa segera masuk Manokwari," katanya pula.
Baca juga: Asita Papua khawatir mahalnya tiket matikan sektor pariwisata

Harga tiket pesawat untuk seluruh maskapai dan seluruh rute penerbangan dari Manokwari pada sepekan menjelang Natal hingga akhir tahun 2019 semuanya mengalami lonjakan drastis. Tidak sedikit penerapan harga tiket ini jauh melampaui batas atas yang diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 106 Tahun 2019.
Pewarta : Toyiban
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019