Ijtima 3.000 Ulama akan kembali berlangsung di Cibinong Bogor

Ijtima 3.000 Ulama akan kembali berlangsung di Cibinong Bogor

Ketua Umum MUI Kabupaten Bogor, KH Ahmad Mukri Aji saat membacakan doa pembuka acara Borderline Economic Summit (BES) 2019 di Hotel Royal Tulip, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/M Fikri Setiawan)

Cibinong, Bogor (ANTARA) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan kembali menggelar Ijtima 3.000 Ulama di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (17/12/2019) mendatang, dengan mengundang Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma'ruf Amin.

"Kurang lebih 3.000 ulama akan berkumpul di Gedung Tegar Beriman, Selasa, akan dihadiri ulama dari 27 kota dan kabupaten se-Jawa Barat," ujar Ketua Umum MUI Kabupaten Bogor, KH Ahmad Mukri Aji kepada Antara di Bogor, Minggu.

Baca juga: Komarudin Hidayat sebut wacana NKRI bersyariah pepesan kosong

Baca juga: Ulama NU ingatkan sila pertama Pancasila terkait NKRI Syariah


Ia mengatakan, forum yang rutin dilaksanakan dua kali dalam setahun ini untuk mengasah semangat persatuan dan memupuk persaudaraan antar umat islam atau yang biasa disebut dengan istilah ukhuwah islamiyah.

Menurut akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah itu, ketika acara berlangsung para dai dan muballigh akan menyampaikan pesan-pesan perdamaian yang menyejukkan.

"Kita ingin memanfaatkan forum ijtima untuk mengirimkan pesan-pesan perdamaian kepada umat. Hindari perpecahan hanya karena berbeda pandangan politik. Ulama harus bersatu, agar mampu mengawal Indonesia ke arah kemajuan yang memberikan kemaslahatan untuk umat," kata Mukri Aji.

Selain itu, acara juga akan diisi dengan prosesi wisuda 50 kader ulama angkatan XIII yang sudah menempuh Pendidikan Kader Ulama (PKU) selama empat bulan.

Ijtima 3.000 Ulama juga sempat digelar di Cibinong, Kabupaten Bogor pada tahun 2018. Saat itu, Presiden RI, Joko Widodo hadir di tengah-tengah para ulama memberikan orasi ilmiah.

Beberapa tokoh nasional dari dalam dan luar negeri seperti Menteri Agama, Ketua Umum MUI, Ulama dari Iraq dan Suriah juga pernah memberi orasi ilmiah dalam Ijtima Ulama yang rutin dilaksanakan dua kali dalam satu tahun.
Pewarta : M Fikri Setiawan
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019